Bagikan:

JAKARTA – Argentina vs Spanyol akan tersaji di Finalissima 2025 setelah kedua tim masing-masing menjuarai Copa America dan Euro 2024.

La Albiceleste mempertahankan trofi Copa America usai menang 1-0 atas Kolombia pada Senin, 15 Juli 2024, pagi WIB. Itu adalah gelar ke-16 dari ajang tersebut, yang membuat mereka menjadi tim tersukses di turnamen ini.

Beberapa jam sebelum gol Lautaro Martinez membawa negaranya meraih gelar Copa America kedua secara beruntun, Spanyol terlebih dahulu mengalahkan Inggris di Berlin untuk mengangkat trofi Euro 2024 atau keempat dalam sejarah.

Kesuksesan yang diraih dalam waktu yang hampir bersamaan itu membuat keduanya otomatis bermain di ajang Finalissima. Itu adalah laga yang mempertemukan juara Copa America dan Euro.

Pertandingan dari Finalissima digelar hanya satu kali saja dan lazimnya berlangsung di tempat netral. Dengan demikian, pemenang dalam laga tersebut otomatis langsung membawa pulang trofi.

Finalissima edisi yang akan datang ini bakal menarik perhatian sebab mempertemukan Lionel Messi dan Lamine Yamal. Nama terakhir adalah pemain muda terbaik Euro 2024 dengan empat assist dan satu gol.

Yamal belakangan menjadi buah bibir di seantero dunia lantaran foto Messi memandikan pemain Barcelona itu beredar selama turnamen berlangsung. Jadi, tentunya menarik menanti bentrok antara mereka berdua.

Finalissima sejauh ini sudah dihelat sebanyak tiga kali. Edisi perdananya masih bertajuk Artemio Franchi Cup digelar pada edisi 1985 yang mempertemukan Perancis (juara Euro 1984) dan Uruguay (juara Copa America 1983). Ketika itu Perancis keluar sebagai pemenang.

Edisi berikutnya Artemio Franchi Cup 1993 mempertemukan Argentina (juara Copa America 1991) dengan Denmark (juara Euro 1992). La Albiceleste pun menang melalui babak adu penalti.

Argentina lalu mendapat gelar kedua setelah ajang ini berganti nama menjadi Finalissima pada 2022. Ketika itu, mereka hadir dengan status juara Copa America 2021 dan sukses menundukkan Italia (juara Euro 2020) dengan skor telak 3-0.

Saat ini belum ada jadwal dan lokasi yang pasti untuk Finalissima 2025 yang mempertemukan Argentina vs Spanyol. Namun, ada kemungkinan pertandingan akan dimainkan antara Juni atau Juli 2025.