Lifter Rahmat Erwin Kantongi Medali Emas Sekaligus Pecahkan Rekor SEA Games
Lifter belia Indonesia Rahmat Erwin Abdullah (Instagram @rahmaterwin_)

Bagikan:

JAKARTA - Lifter belia Indonesia Rahmat Erwin Abdullah mendapat medali emas SEA Games Hanoi Vietnam 2021. Ia juga berhasil memecahkan rekor di ajang kawasan Asia Tenggara tersebut.

Atlet 21 tahun itu berhasil menjadi yang terbaik pada nomor 73 kg pada Sabtu, 21 Mei.

Ia mengalahkan wakil Thailand Doungsri Anucha yang memperoleh medali perak dan lifter Malaysia Muhammad Erry Hidayat untuk perunggu.

Rahmat Erwin mencatat total angkatan 345 kg. Di angkatan snatch ia berhasil dengan 155 kg, sedangkan di clean and jerk ia berhasil dengan 190 kg.

Keberhasilannya ini sekaligus memecahkan rekor atas namanya sendiri yang sebelumnya ia ukir di Filipina 2019 lalu. Ketika itu angkatan terberat Rahmat di snatch 145 kg, sedangkan di clean and jek 177 kg.

Selain dari angkat besi, Indonesia juga sudah menambah dua medali emas per hari ini dari cabang olahraga kano. Medali pertama datang dari nomor 500 meter kayak 4 putri dan satu lagi dari 500 meter kayak 4 putra.

Dengan demikian, total Indonesia mengoleksi 53 medali emas sejauh ini. Jumlah medali itu membuat Indonesia bertahan di posisi ketiga klasemen sementara perolehan medali.