Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Rahmat Erwin Abdullah menuai sorotan terlebih setelah ia berhasil menyabet medali emas pada Asian Games Hangzhou. Bukan kali pertama, Rahmat Erwin Abdullah secara keseluruhan berhasil menyumbangkan emas sebanyak lima kali untuk Indonesia. Lalu, siapa ia sebenarnya?

Profil Rahmat Erwin Abdullah

Rahmat Erwin Abdullah adalah atlet olahraga cabang angkat besi. Ia lahir pada tanggal 13 Oktober 2000 di Kota Makassar. Selama meniti karier di bidang olahraga angkat besi, Rahmat Erwin dilatih oleh Erwin Abdullah, ayah sekaligus mantan atlet angkat besi nasional. Selain dilatih oleh ayahnya, Erwin Abdullah juga sempat dilatih oleh ibunya yang bernama Ami Asun Budiono. Ia diketahui merupakan mantan lifter nasional.

Perlu diketahui bahwa ayah dan ibu Rahmat Erwin memang dikenal sebagai atlet legendaris yang dimiliki oleh Indonesia. Saat masih berstatus sebagai atlet, sang ayah sukses meraih perak cabor angkat besi kategori 69 kg ajang Asian Games 2002 yang digelar di Busan, Korea Selatan.

Sedangkan sang ibu juga pernah berkompetisi di turnamen angkat besi tingkat nasional. Ia juga beberapa kali melatih atlet-atlet angkat besi perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.

Keseriusannya di bidang olahraga angkat besi sudah dimulai sejak ia berusia 15 tahun. Meski demikian ia baru berani memulai debut di usia 19 tahun. Kala itu ia berpartisipasi dalam kejuaraan Asian Junior Championship 2019 yang digelar di Pyongyang, Korea Utara. Hasilnya cukup mengagetkan karena ia berhasil meraih medali emas kelas 73.

Tak berhenti sampai situ, Rahmat Erwin di tahun yang sama juga sukses memepersembahkan medali emas untuk Indonesia dalam SEA Games yang digelar di Filipina. Lalu di tahun 2020 ia sukses membawa pulang medali emas Kejuaraan Angkat Besi Remaja dan Junior Asia di Tashkent, Uzbekistan.

Di tahun 2022, Rahmat sempat mendapat sorotan karena ia sukses menyandang dua rekor sekaligus dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022. Saat itu Rahmat menjuarai kelas 73 kg dan 81 kg putra dalam kompetisi olahraga yang dilaksanakan di Gran Carpa Americas Corferias, Bogota, Kolombia.

Sebelum mengharumkan Indonesia karena di Asian Games 2022 yang digelar pada 2023, nama Rahmat sudah lebih dulu tercatat sebagai pemecah rekor saat bertanding di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2023 yang digelar di Riyadh.

Sedangkan tahun 2023, Rahmat sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan membawa pulang medali emas di ajang Asian Games 2023 di XSC Gymnasium, Hangzhou, Tiongkok.

Kegemilangannya diakui setelah atlet klub Pengprov PABBSI Sulawesi Selatan itu berhasil membukukan total angkatan 359 kg, terdiri dari 158 kg angkatan snatch dan 201 kg angkatan clean and jerk. Prestasinya tahun ini juga disebut sebagai rekor dunia di angkatan clean and jerk di Asian Games.

Itulah informasi tentang profil Rahmat Erwin Abdullah. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.