Tammy Abraham Cetak <i>Brace</i>, AS Roma Akhiri Serie A Musim Ini Kalahkan Torino 3-0 sekaligus Pastikan Tiket Europa League Musim Depan
Striker AS Roma Tammy Abraham. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - AS Roma mengakhiri kompetisi Liga Italia musim ini dengan kemenangan 3-0 atas Torino di Olimpico Grande Torino pada Sabtu 21 dini hari WIB.

Tammy Abraham memborong dua gol di pertandingan ini, sedangkan sisanya dicetak oleh Lorenzo Pellegrini, demikian catatan laman resmi Serie A.

Kemenangan ini memastikan AS Roma naik sementara ke posisi lima dan mengamankan tiket ke Liga Europa musim depan. Roma memastikan minimal finis keenam dengan torehan 63 poin tidak akan lagi dikejar oleh Fiorentina. Torino sendiri mengunci posisi 11 dengan 50 poin.

Dilansir dari Antara, tim tuan rumah memulai pertandingan dengan banyak menguasai bola. Beberapa kali Torino mengancam ke gawang Roma. Namun, upaya mereka kerap menemui kegagalan.

Sebaliknya, usaha Roma bisa membuahkan hasil pada menit ke-33. Tammy Abraham, mencatatkan namanya di papan skor setelah berhasil menjebol gawang Etrit Berisha dengan tembakan dari tengah kotak penalti. Lorenzo Pellegrini memberikan assist untuk gol tersebut. Skor 1-0 untuk Roma.

Roma mendapatkan penalti pada menit ke-42 setelah Berisha melanggar Abraham di kotak terlarang Torino. Abraham mengambil tendangan tersebut dan berhasil mencetak gol kedua untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Unggul dua gol di babak pertama tidak membuat Roma jadi mengendurkan serangan. Sayang, mereka harus puas dengan keunggulan 2-0 yang bertahan hingga jeda.

Torino melakukan perombakan tim sebelum babak kedua dimulai. Sang pelatih, Ivan Juric, melakukan tiga pergantian pemain sekaligus dengan memasukkan Demba Seck, Marko Pjaca, dan Alessandro Buongiorno.

Pergantian pemain ini rupanya sedikit berpengaruh. Enam menit setelahnya, Torino berhasil mendapatkan peluang emas dari tembakan Tomasso Pobega. Sayang, bola mampu dihentikan oleh Rui Patricio.

Roma membalas dengan pada menit-61. Jordan Veretout melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi laju bola bisa dihentikan Berisha.

Wasit kembali harus memberikan hadiah penalti kepada Roma setelah melihat Nicolo Zaniolo dijatuhkan oleh Buongiorno pada menit ke-77. Kini giliran Pellegrini yang menjadi eksekutor tendangan itu. Dia melakukan tugasnya dengan baik untuk membuat Roma unggul 3-0.

Sudah puas dengan keunggulan tiga gol, Roma mulai mengendurkan serangan dan membiarkan Torino menyerang. Namun, tidak ada gol yang tercipta hingga pertandingan berakhir. Roma memenangkan pertandingan dengan skor meyakinkan 3-0.

Susunan Pemain:

Torino (3-4-2-1): Etrit Berisha; Sasa Lukic, David Zima, Ricardo Rodriguez (Alessandro Buongiorno 46'); Ola Aina, Tommaso Pobega, Samuele Ricci (Rolando Mandragora 84'), Cristian Ansaldi (Demba Seck 46'); Josip Brekalo (Marko Pjaca 46'), Dennis Praet; Andrea Belotti (Pietro Pellegri 68').

AS Roma (3-4-2-1): Rui Patricio; Gianluca Mancini, Marash Kumbulla, Roger Ibanez; Nicola Zalewski (Rick Karsdorp 58'), Sergio Oliveira (Bryan Cristante 58'), Jordan Veretout, Leonardo Spinazzola (Matias Vina 83'); Lorenzo Pellegrini (Stehan El Shaarawy 82'), Eldor Shomurodov (Nicolo Zaniolo 76'); Tammy Abraham.