Pesilat Indonesia Peraih Medali Emas SEA Games 2021: Singapura Banyak Curangnya
Atlet pencak silat Riska Hermawan (kiri) dan Ririn Rinasih, meraih medali emas di ajang SEA Games 2021. (foto: Kemenpora/Bagus)

Bagikan:

JAKARTA - Atlet silat Indonesia, Riska Hermawan dan Ririn Rinasih, menyumbang satu-satunya medali emas di SEA Games 2021. Pasangan ini menjadi yang terbaik pada nomor seni ganda dengan torehan poin 9.955 poin.

Di final, mereka mengalahkan wakil tuan rumah, Nguyen Thi Thu Ha/Nguyen Thi Huyen, yang mendapatkan 9.925 poin.

Pasangan ini mengaku, medali emas ini tak diraih dengan mudah. Kesulitan terbesar mereka hadapi saat melawan wakil Singapura di babak sebelumnya, tepatnya di semifinal.

"Kita tidak mudah untuk mendapatkan medali emas. Kami harus melalui berbagai rintangan untuk mendapatkannya, termasuk dari mulai penyisihan, semifinal dan final," ujarnya, seperti dilansir situs resmi Kemenpora.

"Apalagi saat semifinal kami bertemu dengan Singapura yang menurut kami, Singapura banyak curangnya. Jadi dari situ, kami memotivasi diri buat berjuang lagi meraih medali emas" lanjutnya.

Ririn mengatakan, dirinya tak menyangka bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia. Dia berhasil memperbaiki pencapaiannya di SEA Games 2019. Ketika itu, Ririn mendapatkan medali perunggu.

"Memang dari semalam (sebelum pertandingan) saya hanya berdoa saja," kata Ririn.

Sama seperti Ririn, Riska pun tak menyangka bisa membawa pulang medali emas. Dia berhasil menyamai pencapaian sang ayah, Cece Hermanan, yang merebut medali emas SEA Games pada 1997.

"Emas ini saya persembahkan buat ayah dan juga Indonesia," ujarnya.