Mantap! Odekta Naibaho Sumbang Emas ke-37 bagi Indonesia dari Nomor Maraton
Odekta Naibaho  (Instagram @odekta_naibaho)

Bagikan:

JAKARTA – Odekta Elvina Naibaho menambah pundi medali emas untuk Indonesia di SEA Games Hanoi 2021. Ia mendapat medali emas setelah memenangi nomor maraton putri.

Sosok 30 tahun itu keluar sebagai yang terbaik mengalahkan wakil Filipina Christine Hallasgo pada Kamis, 19 Mei pagi. Sementara itu, medali perunggu didapat pelari Singapura Jasmine Goh.

Dari cabang atlet, ini merupakan emas kedua di ajang dua tahunan itu. Sebelumnya, atlet sudah mengantongi emas pertama lewat atlet tolak peluru Eki Febri Ekawati.

Pencapaian ini membuat Indonesia mengakhiri puasa maraton putri dalam 11 tahun terakhir. Triyaningsih adalah atlet terakhir yang memberikan emas bagi Merah Putih saat SEA Games di Indonesia 2011 lalu.

Dari maraton, medali untuk Indonesia juga sukses disumbang oleh Agus Prayogo. Atlet 36 tahun itu mengamankan medali perak setelah kalah dari wakil Vietnam dan mengungguli lawannya asal Thailand.

Medali emas yang didapat Odekta merupakan medali emas ke-37 bagi Indonesia. Per pukul 09.30 pagi, total Indonesia sudah mengumpulkan 136 medali, termasuk 50 medali perak dan 49 perunggu.

Hasil ini membuat Indonesia naik ke posisi empat besar klasemen sementara. Di atas Indonesia berturut-turut ditempati Filipina, Thailand, dan tuan rumah Vietnam yang sudah mengoleksi 126 medali emas.