Jadwal Final Liga Europa: Ujian Terakhir Eintracht Frankfurt untuk Akhiri Paceklik Gelar Eropa selama 42 Tahun
Eintracht Frankfurt akan menghadapi Rangers di final Liga Europa. (FOTO/INSTAGRAM @eintrachtfrankfurt)

Bagikan:

JAKARTA - Perjalanan mulus Eintracht Frankfurt di Liga Europa 2021/2022 akan mendapat ujian di partai pamungkas. Ujian yang menanti mereka adalah Rangers, raksasa dari Liga Skotlandia.

Kedua tim bertemu di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol, pada Kamis, 19 Mei pukul 02.00 dini hari WIB. Frankfurt memegang catatan belum terkalahan sejak babak grup hingga partai puncak.

Rangers yang diasuh pelatih berdarah Indonesia, Giovanni van Bronckhorst, mengalahkan RB Leipzig di semifinal untuk mengamankan tempat mereka di final. Sementara itu, Frankfurt menghancurkan impian dari West Ham United.

Kedua tim mendapat hasil kontras sebelum menjalani partai final ini. Rangers datang setelah mengalahkan Hearts 3-1 dalam pertarungan Liga Primer Skotlandia akhir pekan lalu. Sedangkan Frankfurt bermain imbang 2-2 dengan Mainz di laga terakhir Bundesliga musim ini.

Meski bermain seri di laga terakhir liga, perjalanan Frankfurt di Liga Europa musim ini benar-benar jempolan. Tercatat tidak ada satu pun lawan Die Adler yang keluar sebagai pemenang pada musim ini sejak babak penyisihan grup.

Setelah tidak terkalahkan selama babak grup, Die Adler tampil menawan di babak gugur. Bahkan Barcelona pun tidak mampu menandingi keunggulan tim asuhan Oliver Glasner itu di perempat final.

Setelah mengakhiri harapan Blaugrana sebagai favorit turnamen, Frankfurt membuat perjalanan yang bagus ke markas West Ham dengan mengklaim kemenangan 2-1 di semifinal leg pertama. Mereka lalu menang gol tunggal di Deutsche Bank Park.

Setelah memastikan kemenangan agregat 3-1 atas The Hammers, Frankfurt pun menghidupkan kesempatan untuk mengakhiri paceklik gelar selama 42 tahun di Eropa. Satu-satunya trofi di kompetisi ini mereka dapat di tahun 1980.

Ketika itu, Die Adler mengalahkan Borussia Monchengladbach dalam final dua leg. Sementara itu, falam format saat ini Frankfurt hanya berhasil mencapai semifinal sebelum disingkirkan oleh Chelsea yang akhirnya menjadi juara pada 2018/2019.

Meskipun moncer di kompetisi Eropa, penampilan Frankfurt di Bundesliga jauh dari kata baik. Mereka hanya finis di urutan ke-11 klasemen akhir sehingga kemenangan di final di Liga Europa menjadi satu-satu akses ke Liga Champions Eropa musim depan.

Tidak terlalu mengejutkan Frankfurt telah mencetak gol dalam 12 pertandingan Liga Europa mereka sejauh musim ini. Selain itu, Spanyol yang menjadi tempat final diri hari nanti cukup ramah bagi klub Jerman itu.

Terbukti Real Betis dan Barcelona sama-sama menjadi korban mereka ketika bermain tandang ke Spanyol. Namun, Frankfurt mengakhiri Bundesliga musim ini dengan delapan pertandingan beruntun tanpa kemenangan.

Tiga kemenangan mereka dari 13 pertandingan terakhir mereka di semua turnamen justru datang dari Liga Europa. Dengan demikian, taji mereka di Eropa akan berusaha mereka buktikan kembali saat bertemu Rangers.

Perkiraan Formasi

Eintracht Frankfurt (3-4-2-1): Trapp; Toure, Ndicka, Tuta; Knauff, Sow, Rode, Kostic; Kamada, Hauge; Borre

Rangers (4-3-3): McGregor; Tavernier, Goldson, Bassey, Barisic; Kamara, Lundstram, Jack; Kent, Aribo, Wright