Juara Premier League Inggris Ditentukan pada Pekan Terakhir Seusai Liverpool Bungkam Southampton
Liverpool menang atas Southampton dalam lanjutan Premier League Inggris. (FOTO/INSTAGRAM @liverpoolfc)

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool memastikan perburuan gelar Premier League Inggris musim ini ditentukan pada pertandingan hari terakhir. Ini berkat kemenangan 2-1 atas Southampton di Stadion St Mary's, Kamis, 18 Mei dini hari WIB.

Sempat tertinggal gol Nathan Redmond saat laga baru berjalan 13 menit, Liverpool kemudian bangkit. Si Merah menyamakan kedudukan lewat gol Takumi Minamino di menit ke-27.

Liverpool akhirnya menang tipis setelah Joel Matip mencetak gol di paruh kedua laga.

Ini merupakan kemenangan kedelapan Liverpool dari sembilan pertandingan liga terakhir mereka melawan Southampton. Selain itu, mereka selalu mencetak setidaknya dua gol dalam setiap kemenangan, pengecualian adalah kekalahan 0-1 di pertandingan yang sama musim lalu.

Hasil melawan Southampton juga membuat Liverpool menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kalah dalam pertandingan Liga Premier pada 2022. Dalam 18 pertandingan mereka tercatat menang 15 kali dan imbang 3 kali.

Di laga melawan Southampton, Klopp memutuskan membuat perubahan sebanyak sembilan pemainnya yang menjadi starter dalam kemenangan melawan Chelsea di final Piala FA.

Perubahan itu termasuk memasang James Milner dan Harvey Elliott menjadi starter untuk pertama kalinya bersama Liverpool. Milner melakukan debutnya di Liga Premier pada November 2002 atau 145 hari sebelum Elliott lahir.

Kemenangan ini membuat Liverpool tetap berada di jalur berburu gelar dengan satu pertandingan tersisa. Sekarang klub asal Merseyside itu duduk di tempat kedua klasemen sementara dengan koleksi 89 poin.

Sementara itu, City menduduki posisi teratas dengan keunggulan satu poin saja. Ini artinya, penentuan gelar kasta sepak bola tertinggi Inggris sangat bergantung pada hasil yang didapat kedua tim di laga terakhir mereka pada Minggu, 22 Mei.

Liverpool akan menjalani partai kandang di Anfield melawan Wolverhampton Wanderers, sedangkan Manchester City menjamu kedatangan Aston Villa di Etihad Stadium.

"Kami harus memenangi pertandingan kami lebih dulu, bukan seperti kami berbicara tentang Wolves seolah mereka tak ada di sana. Kami akan fokus 100 persen," ujar Klopp dalam laman resmi klub.

"Saya pikir jika kami juara, itu pantas. Namun, untuk itu kami harus menang dan kemudian melihat situasinya," lanjutnya.