Thomas Cup 2022: Bungkam Momota, Anthony Ginting Bawa Indonesia Unggul 1-0 atas Jepang
Anthony Sinisuka Ginting (Foto: PBSI)

Bagikan:

JAKARTA — Anthony Sinisuka Ginting sukses mengalahkan Kento Momota di babak semifinal Thomas Cup 2022 dalam laga rubber game 21-13, 14-21, dan 21-12.

Duel ini berlangsung di Court 2 Impact Arena, Bangkok, Thailand, pada Jumat, 13 Mei malam WIB. Kemenangan Anthony membuat Indonesia memimpin 1-0 atas Jepang.

Anthony sukses merebut dua angka pada awal gim pertama. Momoto lalu sempat menyamakan kedudukan menjadi 5-5, tetapi cuma menambah satu angka saja sampai memasuki interval.

Selepas jeda, Anthony terus menjaga gap angka dengan mantan pebulu tangkis nomor satu dunia itu. Momota pun dipaksa cuma menghasilkan tujuh angka saja.

Gim kedua benar-benar berjalan ketat dan itu terlihat dari empat kali skor imbang terjadi, yakni 1-1, 5-5, 9-9, dan 10-10. Namun, sebuah pengembalian yang kurang sempurna dari Anthony membuat Momota unggul tipis di interval.

Kesalahan demi kesalahan yang dilakukan Anthony pasca jeda membuat Momoto nyaman memimpin. Wakil Jepang itu lalu mengunci kemenangan sekaligus memaksa laga berlanjut ke gim ketiga.

Anthony kembali memperlihatkan permainan yang ciamik di gim ketiga. Atlet peringkat kelima dunia itu berhasil memimpin sembilan angka pada saat jeda.

Dua angka beruntun langsung dihasilkan Anthony setelah rehat. Selisih angka yang besar membuat Momota kesulitan mengejar dan harus menyerah dari rivalnya itu.

Ini merupakan pertemuan ke-16 antara kedua pebulu tangkis ternama itu. Momota tercatat sukses memenangi 11 dari 15 pertandingan di antara mereka di pertemuan sebelumnya.

Menariknya, ini merupakan kemenangan pertama Anthony atas Momota yang dilalui dalam tiga set. Di empat kemenangan sebelumnya, Anthony selalu mengukir kemenangan dua set langsung.