Lolos ke Final Thomas Cup 2022, Indonesia Hadapi India
Shesar Hiren Rhustavito (Foto: PBSI)

Bagikan:

JAKARTA — Indonesia memastikan tiket ke final Thomas Cup 2022 setelah menang dramatis 3-2 atas Jepang di Lapangan 2 Impact Arena, Bangkok, Thailand, pada Jumat, 13 Mei 2022.

Angka pertama bagi Indonesia disumbang oleh Anthony Sinisuka Ginting. Tunggal putra peringkat kelima dunia itu mengalahkan rivalnya Kento Momota dalam rubber game.

Ini merupakan kemenangan kelima yang didapat Anthony dari 16 kali pertemuannya dengan Momoto.

Selain itu, ini juga kemenangan pertamanya yang berlangsung dalam tiga gim. Sebelumnya, Anthony selalu menang straight set atas mantan nomor satu dunia itu.

Kemenangan dramatis juga diperoleh Indonesia di laga kedua melawan Jepang. Ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan berjuang tiga gim untuk mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Jepang kemudian memperkecil kedudukan menjadi 1-2 di pertandingan ketiga. Tunggal putra mereka Kenta Nishimoto berhasil mengalahkan Jonatan Christie dua gim langsung.

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang turun di laga keempat, juga menghadapi partai dramatis melawan ganda putra Yuta Watanabe/Akira Koga.

Peringkat ketujuh dunia itu kehilangan gim pertama dan membuat comeback di gim kedua. Namun, kalah pada gim ketiga sehingga laga pun berlanjut ke tunggal terakhir.

Shesar Hiren Rhustavito yang bermain di laga terakhir pun kemudian memastikan tiket final bagi Indonesia. Ia menang dua set langsung atas Kodai Naraoka.

Di pertandingan pamungkas nanti Indonesia akan menghadapi India. India untuk pertama kalinya menembus laga final Thomas Cup setelah mengalahkan Denmark, 3-2.

Indonesia adalah juara bertahan di Thomas Cup dan ditargetkan bisa mempertahankan gelar. Tahun lalu gelar didapat Indonesia setelah menang atas China.