Hasil Piala Thomas 2024: Tekuk Thailand 4-1, Indonesia ke Perempat Final
Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie dalam laga melawan Thailand di Piala Thomas 2024 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia memastikan diri lolos ke babak perempat final Thomas Cup 2024 setelah mengalahkan Thailand pada pertandingan kedua babak Grup C.

Tiket lolos buat Indonesia didapat setelah ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menang 21-13 dan 21-10 atas Sirawit Sothon/Natthapat Trinkajee pada partai keempat, Senin, 29 April 2024, siang WIB.

"Saat masuk lapangan tadi kami langsung bertekad untuk memberikan yang terbaik. Fokus poin demi poin. Kami ingin memastikan kemenangan Indonesia," ujar Leo usai pertandingan.

Indonesia mendapat poin pertama melalui tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting. Dia mengalahkan Panitchaphon Teeraratsakul dua set langsung, 21-16 dan 21-13.

Thailand lalu menyamakan kedudukan pada partai kedua. Pasangan mereka Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul sukses menghentikan ganda andalan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dengan skor 21-19, 14-21, dan 21-11.

Sebelum Leo/Daniel, poin kedua buat Indonesia diamankan tunggal putra Jonatan Christie. Peraih juara All England 2024 itu menghentikan tunggal Saran Jamsri untuk membawa Indonesia unggul 2-1.

Jojo menang dalam laga rubber game dengan skor 21-16, 13-21, dan 21-12.

Setelah Leo/Daniel membuat Indonesia unggul 3-1, Chico Aura Dwi Wardoyo melengkapi kemenangan Merah-Putih. Dia menaklukkan Nachakom Pusri dua set langsung, 21-10 dan 21-11.

Sementara itu, Leo/Daniel pada tahun ini diberi target membawa pulang trofi Piala Thomas. Pasangan ini sebelumnya juga bagian dari tim juara Thomas Cup 2020 yang digelar pada 2021 Denmark.

"Saat juara Piala Thomas tahun 2021, kami masih jadi yang termuda dan masih ada senior-senior. Tahun ini kami harus lebih tanggung jawab. Jadi, kami harus selalu siap memberikan yang terbaik," kata Daniel.

"Pengalaman kebersamaan dan kekompakan juga saling dukung satu sama lain di Aarhus saat itu, coba kami bangun lagi tahun ini," tuturnya.

Pada pertandingan terakhir Grup C, Indonesia akan bersua dengan India, yang merupakan juara bertahan di Piala Thomas.

India sebelumnya meraih gelar pertama mereka di Piala Thomas 2022. Ketika itu mereka mengalahkan Indonesia di pertandingan pemungkas.