Luar Biasa! Bilqis Prasista Tumbangkan Akane Yamaguchi di Pertandingan Pembuka Babak Penyisihan Terakhir Piala Uber 2022
Bilqis Prasista (Twitter.com/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Pencapaian mengejutkan sekaligus membanggakan dibuat pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista. Tampil sebagai pembuka di babak penyisihan terakhir Grup A Piala Uber 2020, Bilqis sukses menumbangkan Akane Yamaguchi yang merupakan wakil Jepang dengan status rangking satu dunia.

Kemenangan Bilqis itu juga dilalui dalam waktu singkat, yaitu 35 menit. Tampil di Impact Arena, Bangkok pada Rabu, 10 Mei pagi WIB, Bilqis menang dalam dua gim dengan skor 21-19 dan 21-19.

Bilqis yang terpaut jauh dari segi peringkat dari Akane tampil percaya diri, pebulu tangkis berusia 18 tahun itu bahkan mampu unggul 6-3 dari Akane di awal gim pertama. Tapi, tak berapa lama, Akane kembali mengontrol serangan hingga unggul 11-9 di interval pertama.

Setelah turun minum, Bilqis tak mau menyerah dan berusaha membalikkan keadaan dengan menyulitkan pergerakan Akane. Sempat ada di poin kembar 17-17, angin kemenangan kemudian mulai mengarah kepada Bilqis yang akhirnya mampu menutup gim pertama dengan 21-19.

Berlanjut di gim kedua, Akane yang sempat tertinggal di gim sebelumnya menunjukkan perubahan dengan tampil agresif. Hal itu terlihat dari keunggulan yang lagi-lagi dibuat Akane, di paruh gim kedua ini ia kembali unggul 11-6 atas Bilqis.

Tapi, perjuangan tim Indonesia belum berakhir selepas jeda kedua. Bilqis bisa bangkit dan terus meraih poin hingga bisa menyamakan kedudukan menjadi 14-14.

Akane bisa kembali unggul, tetapi Bilqis tidak menyerah. Wakil Jepang itu kembali menyamakan kedudukan menjadi 18-18. Beruntung, perjuangan Bilqis di poin-poin krusial berbuah manis, dua poin dia amankan yang membuat laga berakhir dengan kemenangan 21-19 bagi Bilqis.

Kemenangan Bilqis atas Akane ini bukan cuma jadi kejutan besar, tapi juga jadi poin pembuka bagi Indonesia yang unggul 1-0 atas Jepang.