Ditekuk Jepang 1-4, Tim Indonesia Melangkah ke Perempat Final Piala Uber 2022 sebagai <i>Runner Up</i>
Tim Indonesia kalah 1-4 dari Jepang pada laga terakhir penyisihan grup Piala Uber 2022. (Dok. PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia melangkah ke perempat final Piala Uber 2022 sebagai runner up grup setelah kalah dari Jepang di laga terakhir penyisihan grup A. Indonesia menyerah 1-4  dalam laga yang berlangsung di Court 1 Impact Arena, Bangkok Thailand, Rabu 11 Mei.

Indonesia mendulang angka pertama lewat tunggal putri Bilqis Prasista. Tunggal putri peringkat ke-333 dunia itu membuat kejutan dengan mengalahkan pebulu tangkis yang menduduki peringkat satu dunia saat ini, yakni Akane Yamaguchi.

Jepang kemudian menyamakan skor menjadi 1-1 di laga kedua dalam duel dramatis. Ganda putri mereka Nami Matsuyama/Chiharu Shida dipaksa bermain tiga set 21-16, 18-21, dan 21-15 oleh pasangan Indonesia Melani Mamahit/Tryola Nadia.

Tunggal kedua Tasya Farahnailah juga kehilangan angka di laga ketiga sehingga membuat Jepang membalikkan kedudukan menjadi 2-1. Pebulu tangkis peringkat ke- 355 dunia itu kalah dua langsung saat bertemu peringkat ke-13 dunia Sayaka Takahashi.

Kemenangan bagi Jepang lalu ditentukan di partai keempat. Ganda putri Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto mengalahkan wakil Indonesia Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro dua set langsung 21-14 dan 21-15.

Siti Sarah Azzahra yang bermain di partai kelima juga tidak bisa menyumbang angka. Atlet kelahiran 2003 itu harus mengakui keunggulan dari lawannya Riko Gunji dengan skor akhir, 12-21, 22-24.

Lawan Indonesia di babak perempat final belum diketahui. Undian untuk babak itu akan berlangsung pada hari ini setelah semua pertandingan babak penyisihan grup selesai.

Tim Uber Indonesia diharapkan bisa menembus semifinal pada tahun ini. Pada edisi sebelumnya 2021 lalu, langkah skuad Pertiwi terhenti di perempat final setelah ditekuk Thailand.

Indonesia paceklik gelar Piala Uber sudah lebih dari dua dekade lamanya. Terakhir kali trofi bergengsi itu dibawa pulang ke Tanah Air pada 1996 setelah Indonesia mengalahkan China 4-1 di laga pamungkas.

Ketika itu tim Uber Indonesia diperkuat ibunda Bilqis, Zelin Resiana, dan legenda Susy Susanti. Di tahun yang sama, Piala Thomas juga berhasil diboyong Merah Putih.