Indonesia Punya Peluang Menembus Semifinal Piala Uber 2024
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, salah satu ganda andalan Indonesia di Piala Uber 2024 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Tim putri Indonesia memiliki peluang besar untuk mengalahkan Thailand dan melangkah ke semifinal Piala Uber 2024.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (Kabid Binpres PBSI), Ricky Soebagdja, mengatakan bahwa skuad saat ini cukup meyakinkan.

"Harapan besar ada peluang untuk melaju ke semifinal. Mari dukung dan doakan bersama," ujar Ricky dalam keterangan yang diterima.

Tim putri Indonesia mencapai perempat final turnamen beregu putri ini membawa status runner-up Grup C. Mereka kalah di laga terakhir grup melawan Jepang 2-3.

Dua poin yang didapat Indonesia saat melawan Jepang dipersembahkan tunggal pertama Gregoria Mariska Tunjung dan tunggal terakhir Komang Ayu Cahya Dewi.

Adapun tiga wakil Indonesia yang menelan kekalahan pada laga itu ialah ganda putri Lanny Tria Mayasari/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose serta tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Ricky mengatakan bahwa penampilan tim putri Indonesia di laga terakhir grup sungguh luar biasa. Karena itu, tidak menutup kemungkinan performa maksimal mereka bisa dikeluarkan di babak delapan besar.

"Gregoria berhasil kalahkan Akane (Yamaguchi). Ester juga hampir saja menang. Ganda pertama Lanny/Fadia, ganda kedua Rachel/Trias, termasuk juga tunggal ketiga Komang mengeluarkan sesuatu yang maksimal," katanya.

Indonesia total mengemas dua kemenangan dan satu kekalahan dari tiga laga di grup. Dua kemenangan sebelum melawan Jepang didapat dari Hong Kong dan Uganda.

Sementara itu, Thailand melangkah ke delapan besar sebagai juara Grup B. Mereka memenangi semua laga berturut-turut melawan Australia, Malaysia, dan China Taipei.

Indonesia paceklik gelar di Piala Uber selama 28 tahun. Terakhir kali bulu tangkis putri Indonesia berjaya di ajang ini ialah pada 1996 ketika berlangsung di Hong Kong.