Piala Uber 2022: Pesan Khusus Orang Tua Jadi Modal Bilqis Prasista Tekuk Akane Yamaguchi
Tunggal putri Indonesia, Bilsqis Prasista, menyumbang poin di Piala Uber 2022. (Foto: Dok PBSI)

Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putri Bilqis Prasista mengaku diberi pesan khusus dari orang tua  sebelum mengikuti Piala Uber 2022. Pesan itu yang membuat ia akhirnya membuat kejutan dengan mengalahkan pemain top dunia, Akane Yamaguchi.

Bilqis membawa Indonesia unggul 1-0 atas Jepang di laga terakhir penyisihan Grup A pada Rabu, 11 Mei 2022. Atlet peringkat ke-333 dunia itu menang dua set langsung 21-19, 21-19 atas tunggal putri nomor satu dunia tersebut.

Usai pertandingan Bilqis mengaku, dirinya bermain tanpa beban dan penuh keyakinan di laga melawan Yamaguchi. Ia percaya, tidak ada yang tidak mungkin sekalipun yang dihadapi adalah pemain nomor wahid dengan segudang prestasi.

"Orang tua juga berpesan kalau ketemu siapa saja, jangan takut dan selalu yakin. Sebab tidak ada yang tidak mungkin sepanjang mau berusaha dan yakin kita bisa," ujar Bilqis dalam keterangan resmi yang diterima VOI.

Perlu diketahui, Bilqis merupakan anak dari pasangan Joko Suprianto dan Zelin Resiana. Joko sendiri adalah legenda Indonesia di sektor tunggal putra yang pernah menjuarai Kejuaraan Dunia 1993.

Adapun di ajang Thomas Cup, ia tercatat menyabet gelar sebanyak empat kali. Empat gelar itu ia dapat di tahun 1994,1996, 1998, dan 2000.

Sementara itu, ibunya merupakan pemain yang berprestasi di sektor ganda putri. Zelin tercatat membantu skuad Merah Putih mengangkat trofi Uber Cup pada tahun 1994 dan 1996.

Bilqis mengatakan, masih tidak percaya bisa menumbangkan Yamaguchi. "Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak. Tadi strategi saya hanya bagaimana membuat dia lari terus. Juga saya harus siap tahan dan semangat," ujarnya.

Usai menang Bilqis juga terlihat berkaca-kaca. "Tadi di lapangan setelah memastikan menang, saya mau menangis haru dan gembira karena seperti mimpi bisa menang dan membuat kejutan. Tetapi air mata ini tidak keluar," katanya.

Setelah kemenangan Bilqis, Indonesia langsung kehilangan dua angka beruntun. Jepang menyamakan skor menjadi 1-1 di laga kedua setelah ganda putri mereka Nami Matsuyama/Chiharu Shida menang atas Melani Mamahit/Tryola Nadia.

Sementara itu, tunggal putri kedua Tasya Farahnailah yang turun di laga ketiga juga gagal menyumbang poin. Pebulu tangkis peringkat ke-355 ini kalah dari Sayaka Takahashi.

Indonesia dan Jepang sebenarnya sudah memastikan tiket perempat final. Namun, pertandingan ini akan memastikan siapa yang bakal lolos sebagai juara grup.