<i>Preview</i> Final Piala FA Chelsea Vs Liverpool: Kesempatan <i>The Reds</i> Akhiri Paceklik Gelar Selama 16 Tahun
Gelandang Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain (Twitter @lfc)

Bagikan:

JAKARTA – Laga antara Liverpool dengan Chelsea di final Piala FA 2021/2022 akan berlangsung Sabtu, 14 Mei 2022 malam WIB. Ini menjadi duel final Piala FA edisi ke-141.

Pertemuan yang akan berlangsung di Stadion Wembley nanti merupakan bentrok kedua antara The Blues dan The Reds di partai final pada musim ini.

Sebelumnya, kedua timnya sudah saling berhadapan di laga final Piala Liga Inggris pada Februari lalu. Ketika itu Liverpool keluar sebagai pemenang lewat babak adu penalti.

Bagi Chelsea, Piala FA merupakan satu-satunya trofi domestik yang dipertaruhkan musim ini. Mereka mengalahkan Crystal Palace di semifinal untuk berharap bisa memanen gelar setelah di ajang liga mereka kalah bersaing.

Sementara itu, Liverpool memenangkan salah satu dari banyak pertarungan mereka dengan Manchester City untuk mencapai babak final. Piala FA membuat prospek untuk meraih empat trofi dalam satu musim masih melekat di benak para penggemar klub Merseyside itu.

Namun, mendapat empat gelar dalam satu musim rupanya agak sulit bagi Liverpool untuk mewujudkannya. Pasalnya, kans mereka di Liga Premier lebih kecil jika dibandingkan dengan City.

Dengan demikian, trofi Piala FA merupakan yang paling realistis di ajang domestik. Sebab untuk merengkuh gelar liga Liga Premier, skuad Klopp tetap harus menggantungkan harapan di hasil pertandingan yang didapat City.

The Reds berpotensi hanya berjarak 90 menit untuk mengakhiri paceklik gelar selama 16 tahun di Piala FA. Mereka terakhir kali mengangkat trofi ini pada 2005/2006 saat mengalahkan West Ham United di final.

Sebelumnya, Klopp tidak pernah membawa Liverpool melampaui putaran kelima Piala FA sebelum edisi 2021/2022. Dengan demikian, ini merupakan kesempatan pertamanya merebut Piala FA sejak menduduki jabatan pelatih di Liverpool.

Klopp bakal mendatangi pertandingan ini dengan catatan belum terkalahkan dalam 15 pertandingan terakhir di semua kompetisi sejak ditekuk Inter Milan di Anfield pada Maret lalu.

Tujuh dari delapan pertandingan terakhir mereka berakhir dengan kemenangan. Namun, tiga pertandingan tanpa clean sheet telah menjadi kenyataan yang sulit.

Bagaimanapun, kesempatan mendapatkan dua gelar domestik untuk pertama kalinya sejak musim 2000/2001 adalah salah satu yang tidak ingin dilewatkan oleh Liverpool.

Prakiraan formasi:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson; Keita, Henderson, Thiago; Salah, Mane, Diaz.

Chelsea (3-4-1-2): Mendy; Azpilicueta, Silva, Rudiger; James, Jorginho, Loftus-Cheek, Alonso; Mount; Havertz, Lukaku.