Belajar dari Juventus dan Munchen, Klopp Minta Liverpool Tak Remehkan Villarreal
Jurgen Klopp (Twitter @lfc)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp mengambil pelajaran berharga dari Juventus dan Bayern Munchen yang tersingkir dari fase gugur Liga Champions 2021/2022 usai menghadapi Villarreal.

Liverpool akan menjamu Villarreal di leg pertama babak semifinal Liga Champions. Jelang laga yang berlangsung di stadion Anfield pada Kamis, 28 April dini hari WIB itu, Klopp menegaskan The Reds tidak akan membuat kesalahan yang sama dengan Juventus dan Munchen.

"Mungkin ada sedikit keuntungan (untuk Villarreal) di mana Juve atau Bayern mungkin meremehkan mereka, tetapi itu tidak akan terjadi pada kami. Mereka ingin menjadi bagian dari final, tetapi itu sama pentingnya bagi kami," kata Klopp seperti dikutip dari Reuters, Rabu.

Sebelumnya Villarreal mampu menjelma jadi tim yang penuh kejutan dalam kompetisi Liga Champion musim ini. Pasalnya, Villarreal mampu menyingkirkan dua klub favorit yaitu Juventus dan Bayern di sistem gugur untuk mencapai semifinal Liga Champions pertama mereka dalam 16 tahun terakhir.

Melihat bagaimana daya juang Villarreal, pelatih asal Jerman itu tak ragu menyanjungkan pujian kepada pelatih Unai Emery yang dianggapnya sebagai pelatih kelas dunia karena bisa membawa timnya menghadapi situasi permainan yang berbeda.

"Kami telah menganalisis Villarreal dengan baik. Saya sangat menghormati Unai (Emery) dan mereka. Saya menonton mereka dengan baik dan wow! Mengesankan. Dia adalah pelatih yang terobsesi dengan detail. Cara yang berbeda untuk menekan dan bereaksi terhadap hasil yang berbeda," tambah Klopp.

Di sisi lain, Liverpool terakhir kali tampil di babak semifinal Liga Champion pada tiga tahun lalu saat menyingkirkan Barcelona. Kini, saat bisa kembali tampil di babak semifinal, Klopp mengatakan dukungan suporter tuan rumah akan sangat penting bagi para pemain.

“Kami membutuhkan atmosfer yang sama dan penampilan yang hebat. Saya harus berada di puncak permainan saya, begitu juga para pemain, itu bagus. Bila semifinal di kompetisi ini mudah, pasti ada yang salah. Saya tidak sabar menantikannya," katanya.

"Ada saat-saat ketika kami akan menderita dan saya tahu itu. Kami tidak perlu gugup, tetapi kami juga bisa membuat mereka menderita,” kata Klopp soal optimismenya menghadapi Villarreal.