Belum Punya Rencana Pensiun dari MotoGP, Pol Espargaro Siap Balapan 5 Tahun Lagi
Pol Espargaro (Instagram @polespargaro)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Repsol Honda Pol Espargaro belum punya rencana pensiun dari MotoGP dalam waktu dekat. Rider asal Spanyol itu bahkan punya rencana mempertahankan kariernya di lomba balap motor paling elit itu selama lima tahun ke depan.

Espargaro saat ini sudah menginjak usia 30 tahun sehingga sudah berada di puncak karirnya. Namun, ia masih ingin bertahan di balapan elit itu sekalipun tidak seperti yang dilakukan Valentino Rossi yang baru pensiun di usia 42 tahun.

"Kami melihat olahragawan, seperti dalam sepak bola, yang memperpanjang karir mereka, atau Valentino (Rossi) yang di usia 40 tahun masih kompetitif. Valentino itu unik, saya tidak ingin membandingkan diri saya dengan dia, tapi saya ingin memperpanjang karir olahraga saya selama lima tahun lagi di level yang tinggi," ujar Espargaro dilansir situs MotoGP.

Espargaro terikat kontrak dengan Repsol Honda sampai pada akhir musim ini. Akan tetapi ia belum juga mendapat tawaran kontrak baru dari tim yang juga menaungi juara dunia Marc Marquez itu.

Situasi itu membuat masa depan pebalap kelahiran Granollers ini menjadi spekulasi. Terlebih lagi Honda disebut-sebut akan mendatangkan pebalap Perancis Fabio Quartararo yang masih emoh meneken kontrak baru dengan Yamaha.

Meskipun belum meneken kontrak baru dengan Honda, Espargaro mengaku tidak mau ambil pusing. Ia mengatakan sudah makan garam dengan situasi serupa selama karirnya yang lebih dari satu dekade di balapan paling bergengsi itu.

"Saya telah berada di Kejuaraan Dunia selama lima belas tahun dan saya telah berada dalam situasi ini berkali-kali. Di MotoGP, ini terjadi setiap dua tahun, di tim resmi, tetapi di Moto3 dan Moto2, setiap tahun Anda harus memperbarui kontrak. Ini adalah situasi yang saya alami berkali-kali," ujarnya.

Espargaro adalah salah satu nama besar di Kejuaraan Dunia MotoGP musim 2022. Ia menjalani pramusim yang luar dan finis di podium ketiga dalam balapan pembukaan di Qatar pada awal Maret lalu sebelum gagal pada tiga seri selanjutnya.

Saat ini Espargaro baru mengoleksi 23 poin dari empat seri balapan yang sudah digelar. Ia duduk di posisi ke-11 klasemen sementara atau terpaut 38 poin dari pebalap Ducati Enea Bastianini yang menduduki posisi teratas.