Bagikan:

JAKARTA - Momen haru terjadi setelah Race Day MotoGP Argentina 2022 rampung digelar pada Minggu, 3 April waktu setempat. Pasalnya tangis Aleix Espargaro pecah ketika ia berhasil menjadi yang tercepat sekaligus meraih podium pertama.

Espargaro sukses meraih podium pertama setelah mencatatkan waktu 41 menit 36,198 detik. Sementara di urutan kedua ada Jorge Martin yang mencatatkan waktu 0,807 detik lebih lama  dalam duel sengit MotoGP Argentina, disusul pembalap Suzuki Alex Rins yang ada di podium ketiga.

Dilansir dari Sky Sport, Senin, momen emosional terjadi setelah Espargaro melewati garis finis di lap terakhir. Ia terlihat menangis di atas sepeda motor Aprilia RS-GP.

Tak cuma itu, Espargaro juga menangis ketika sang adik, Pol Espargaro memeluknya di parc ferme dan kemudian tangisan itu juga berlanjut saat sang rider berada di atas podium MotoGP Argentina saat lagu kebangsaan Spanyol diputar.

Kemenangan di MotoGP Argentina ini menjadi momen yang begitu sentimental bagi Espargaro. Pasalnya ini merupakan kemenangan pertama yang diraih setelah melewati 200 kali start.

Selain itu, raihan podium ini juga jadi catatan perdana bagi pembalap 32 tahun itu di sepanjang karirnya di ajang Grand Prix. Meski Espargaro sebelumnya sudah memiliki pengalaman dari mulai kelas 125cc pada 2004, ia baru pertama kali meraih kemenangan.

"Saya sangat senang. Ini balapan spesial karena merupakan start ke-200 saya di MotoGP. Saya sangat siap, saya kuat, dan punya kecepatan bagus, tapi tekanannya dobel saat balapan," ujar Aleix Espargaro usai balapan.

"Orang-orang mengatakan saya akan menang mudah, tapi kenyataannya tidak seperti itu. Kami pantas meraih kemenangan ini karena sudah bekerja keras," sambungnya.

Sumber yang sama juga menyebut, catatan ini membuat Aleix Espargaro sukses mengalahkan rekor Danilo Petrucci. Dia tercatat sebagai pebalap dengan jumlah start terbanyak, yaitu 124 start untuk meraih kemenangan di MotoGP.

Selain jadi catatan apik untuk dirinya sendiri, raihan podium Espargaro di MotoGP Argentina juga jadi kemenangan pertama bagi pabrikan Aprilia di kelas MotoGP.