Timnas Basket Indonesia Bertolak ke Bali Buat Ikuti Ajang ABL 3x3 Tournament, Pemanasan Menuju SEA Games 2021
Timnas Basket 3x3 Indonesia. (Dok Perbasi)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional bola basket 3x3 putra Indonesia mematangkan persiapan menuju SEA Games Hanoi 2021 dengan mengikuti ASEAN Basketball League (ABL) di Bali yang digelar 16-17 April mendatang.

Tim yang dimanajeri Ferry Jufry itu sebelumnya sudah menjalani latihan di Hall Basket Senayan, Jakarta. Mereka mengakhiri latihan dan bertolak ke Bali pada Minggu, 10 April pagi.

"Kami ke Bali untuk uji coba di ABL 3x3 tournament. Kamis sengaja datang lebih awal supaya tim bisa beradaptasi dengan lapangan dan cuaca karena mainnya di outdoor," kata Ferry dalam keterangan resmi yang diterima.

Ajang ini akan digunakan timnas Indonesia untuk mematangkan strategi permainan mereka. Untuk itu, tim membawa semua pemain yang ikut dalam pemusatan latihan.

Pemain-pemain yang dibawa adalah Dame Diagne, Serigne Modou Kane, Julian Chalias, Surliyadin, Sandy Ibrahim, Oki Wira, Jamarr Andre Johnson, dan Nickson Gosal.

"Uji coba di Bali bisa menjadi ajang seleksi untuk eliminasi awal karena akhir bulan April ada rencana try out ke Manila dan hanya 4 pemain yang akan dibawa," ucap Ferri.

Sebanyak 11 tim akan mengikuti ajang ABL tersebut. Selain timnas Indonesia, sepuluh kontestan lainnya adalah Vietnam, Kamboja, Malaysia, serta klub Saigon Heat (Vietnam), Singapore Slingers (Singapura), Louvre Surabaya (Indonesia), Platinum (Filipina), Zamboanga Valientes (Filipina), Shoot It Dragons (Thailand), dan YKBK (India).

Kejuaraan ini memperebutkan hadiah 10 ribu Dolar (Rp143 juta) untuk sang juara, kemudian 5 ribu Dolar (Rp71,8 juta) untuk runner up, dan 2 ribu Dolar (Rp28,7 juta) untuk juara ketiga ketiga.

Para pemain langsung meninggalkan Pulau Dewata usai turnamen digelar. Jadwalnya 19 April mereka bertolak ke Jakarta untuk persiapan latihan 20 April 2022.