Perbasi Buka Turnamen Basket 3x3 untuk Produksi Atlet Potensial bagi Timnas
Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih (HUMAS PP PERBASI)

Bagikan:

JAKARTA - Turnamen basket 3x3 akan digelar dalam waktu dekat oleh Perbasi dan Supersport Sensation (SSS) Internasional. Kompetisi ini diadakan untuk mendukung lahirnya bibit pebasket potensial.

Kejuaraan itu akan digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, pada 19-23 Februari 2022 mendatang.

“Saat ini kami sedang membutuhkan pemain yang konsentrasi di 3x3. Ke depan, Perbasi akan bentuk tim 3x3 junior sampai usia 23,” kata Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih dalam keterangan resmi induk basket nasional itu yang diterima oleh VOI.

Digelarnya turnamen basket 3x3 ini bertujuan agar Indonesia punya ketersediaan atlet basket potensial untuk ajang-ajang penting yang akan dihadapi. Salah satunya SEA Games Hanoi pada Mei mendatang yang diramaikan dengan cabang basket 3x3.

Format basket 3x3 menjadi salah satu cabang olahraga yang baru diperkenalkan dalam beberapa tahun terakhir ini. Untuk itu, atlet-atlet Indonesia yang punya konsentrasi di cabang ini terhitung masih sangat sedikit jumlahnya.

Dengan demikian, kejuaraan 3x3 bisa menjadi wadah untuk menyaring peminat-peminat baru yang bisa diproyeksikan untuk memperkuat tim nasional Indonesia pada ajang penting di masa mendatang.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini. Melalui 3x3 akan terlihat anak-anak muda yang cinta bola basket untuk 3x3,” ujar Danny.

Demi mencapai jangkauan yang luas, turnamen basket 3x3 rencananya digelar secara serempak di empat provinsi. Selain di Jakarta, kompetisi ini akan diadakan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Saat ini Indonesia sudah mulai berbicara di pentas internasional lewat cabang basket 3x3. Di Asian Games 2018 lalu, tim nasional basket 3x3 putri Indonesia berhasil mencapai perempat final.

Pencapaian yang lebih memuaskan terjadi pada ajang FIBA 3x3 U-18 di Cyberjaya, Malaysia. Ketika itu timnas basket putri Indonesia sukses merebut medali perunggu. 

Sementara itu, timnas basket 3x3 putra Indonesia berhasil meraih medali perak setahun setelahnya di ajang SEA Games 2019 Filipina. Capaian ini tentu memberikan angin segar untuk perkembangan olahraga basket 3x3 yang semakin hari digandrungi masyarakat.