Perbasi Pasang Target buat Timnas Indonesia di FIBA 3X3 Asia Cup 2024
Timnas Basket 3X3 sedang pemusatan latihan (dok. Perbasi).

Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memasang target berbeda buat Timnas Basket Putra dan Putri 3X3 di FIBA Asia Cup 2024.

Turnamen tersebut akan berlangsung di Singapura pada 27-31 Maret 2024. Timnas Basket Putri ditargetkan bisa mengulangi kesuksesan mereka pada edisi sebelumnya, sementara Timnas Basket Putra diharapkan lolos babak kualifikasi.

"Timnas Basket Putri minimal mempertahankan pencapaian sebelumnya. Sementara itu, untuk Timnas Basket Putra mampu melewati babak kualifikasi," kata Sekretaris Jenderal Perbasi, Nirmala Dewi.

Timnas Basket Putra dan Putri 3X3 Indonesia saat ini sedang melakukan pemusatan latihan di Lapangan Respect Basketball Arena De Latinos BSD City. Mereka sudah berlatih sejak 19 Februari 2024.

Mereka berada di bawah asuhan pelatih Fandi Andika Ramadhani. Pemusatan latihan ini akan berlangsung hingga hari keberangkatan pada Selasa, 26 Maret 2024.

Persiapan mereka mencakup dua pertandingan uji coba melawan DKI Selection. Uji coba pertama berlangsung pada Kamis, 14 Maret 2024, disusul uji coba berikutnya pada 15 Maret 2024.

"Uji coba ini untuk melihat sejauh mana pemain menyerap materi latihan selama ini," kata pelatih tim, Fandi Andika Ramadhani.

"Rencananya, pekan ini sudah bisa dikerucutkan menjadi empat pemain baik di Timnas Putra maupun Putri. Kemudian, kami bisa lebih fokus ke pemantapan tim," tuturnya.

Berdasarkan hasil undian, Timnas Basket Putri 3X3 tergabung di Grup C bersama India, Hong Kong, dan Kepulauan Mariana Utara. Jika lolos maka mereka akan masuk Grup D bersama Australia dan Selandia Baru.

Timnas Basket Putri akan memulai perjuangan pada Rabu, 27 Maret 2024, melawan Hong Kong. Sehari kemudian mereka dua kali tanding melawan India dan Kepulauan Mariana Utara.

Pada pelaksanaan edisi sebelumnya, yaitu 2022 di Singapura, Timnas Basket Putri 3X3 mampu menyabet peringkat ketiga. Itu adalah pencapaian tertinggi mereka di ajang internasional.

Kemudian, untuk Timnas Basket Putra 3X3 akan memulai perjuangan di babak kualifikasi Grup B. Mereka bergabung bersama Sri Lanka, Korea Selatan, dan Kepulauan Mariana Utara.

Sesuai jadwal, Serigne Modou Kane dan kawan-kawan akan menjalani dua laga sekaligus pada hari pertama, Rabu, 27 Maret 2024. Mereka akan menantang Sri Lanka terlebih dulu lalu sebelum melawan Korea Selatan.

Sehari kemudian, Timnas Basket Putra 3X3 dijadwalkan menghadapi Kepulauan Mariana Utara. Jika lolos maka mereka akan ketemu Mongolia dan Thailand pada fase berikutnya di Grup B.