Timnas Basket 3x3 Putri Naikkan Target di SEA Games 2023
FOTO: Tim nasional basket 3x3 putri Indonesia melakukan persiapan untuk menghadapi SEA Games Kamboja 2023. (Dok. Perbasi)

Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional basket 3X3 putri menaikkan target mereka pada keikutsertaan di SEA Games Kamboja 2023 pada 5-17 Mei. 

Empat roster yang dibawa adalah Adelaide Wongsohardjo, Agustin Gradita Retong, Dyah Lestari, dan Kimberley Pierre Louis. Mereka diharapkan bisa mendapat hasil lebih baik dari pencapaian timnas basket 3x3 di SEA Games edisi sebelumnya.

”Kami berharap dengan komposisi ini kita bisa memberikan prestasi lebih baik dari capaian di Hanoi. Saat itu kami mendapatkan medali perunggu,” ujar Christopher Tanuwidjaja selaku penanggung jawab timnas basket 3X3 putri.

Komposisi pemain yang diturunkan ini setengahnya berbeda dengan skuad yang bertarung di SEA Games Hanoi 2021 lalu.

Pada saat itu timnas basket 3x3 putri menurunkan kuartet Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, Kimberley Pierre Louis, Adelaide Wongsohardjo, dan Nathania Claresta Orville. 

Komposisi ini mampu mencetak sejarah di SEA Games Hanoi. Untuk pertama kalinya timnas basket 3x3 putri sanggup mempersembahkan medali sepanjang keikutsertaannya di multicabang antarnegara ASEAN ini.

Kepala Pelatih Timnas Basket 3x3 Putri July Wong mengatakan bahwa perubahan komposisi roster ini harus dilakukan karena menyesuaikan kebutuhan menghadapi persaingan di SEA Games Kamboja.

”Semua pemain sangat hustle. Pertimbangan atas perubahan komposisi roster lebih karena kita melihat kebutuhan tim yang butuh shooter,” kata July.

Di Kamboja nanti, timnas basket 3x3 putri memulai perjuangan dari Pool B bersama Malaysia, Singapura, dan tuan rumah Kamboja. 

Pertandingan akan dimulai dengan melawan Singapura pada 6 Mei 2023 pukul 10.00 WIB. Kemudian melawan Malaysia dan Kamboja pukul 13.00 WIB dan 15.20 WIB di hari yang sama.

Untuk bisa melaju ke babak selanjutnya, timnas basket 3x3 putri harus finish di urutan dua besar Pool B. Kemudian mereka akan menantang dua besar dengan sistem silang dari Pool A yang diisi Thailand, Laos, Filipina, dan Vietnam.