Andrea Dovizioso Percaya Marc Marquez Masih Punya Peluang Besar Menambah Gelar MotoGP
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Yamaha, Andrea Doviziso, mengatakan Marc Marquez mungkin tidak bisa kembali ke kondisi fisik yang prima saat berada di puncak karier. Namun, itu bukan berarti pebalap asal Spanyol tersebut tak bisa bersaing untuk mendapatkan gelar.

Marc Marquez sudah kembali membalap setelah pulih dari episode ketiga diplopia. Ia turun pada sesi latihan bebas hari pertama di lintasan Circuit of the Americas (COTA), Texas, Amerika Serikat, pada Jumat, 8 April waktu setempat.

"Saya memiliki pendapat saya tentang Marc Marquez dan saya tidak berpikir dia bisa kembali ke kondisi fisik terbaiknya seperti di masa lalu. Itu akan sulit atau bahkan tidak mungkin, tetapi itu tidak berarti dia tidak bisa memenangkan gelar," ujar Dovizioso, dilansir Reuters.

Marquez yang merupakan juara enam kali MotoGP, belum bisa bersaing dalam memperebutkan gelar sejak tahun 2020 karena kecelakaan di akhir musim pada tahun itu. Ia juga kehilangan gelar musim lalu akibat penglihatan ganda (diplopia).

Kemudian pada tahun ini, ia sudah melewatkan dua seri balapan akibat gegar otak setelah kecelakaan parah di Mandalika. Kecelakaan itu membuatnya harus absen di MotoGP Argentina sebelum kembali di Grand Prix Amerika.

Meski baru saja pulih, pebalap internasional Spanyol itu langsung tampil impresif di COTA. Ia sukses menyelesaikan latihan bebas pertama (FP1) di posisi kelima dan mendapat posisi keenam di FP2 setelah terpaut 0,499 detik dari Johann Zarco di tempat terdepan.

"Bakatnya gila, tidak banyak orang dan pebalap menyadarinya. Dia memiliki peluang untuk menang bahkan jika dia tidak 100 persen fit," kata Dovizioso.

Balapan di Amerika akan berlangsung pada Senin, 11 April dini hari WIB. Ini menjadi seri balapan keempat setelah seri pertama Qatar, seri kedua Mandalika, dan seri ketiga Argentina akhir pekan kemarin.

Sirkuit COTA merupakan salah satu sirkuit favorit Marquez dan Repsol Honda yang sedang mengejar kemenagan ke delapan. Di lintasan tersebut Marquez tercatat memperoleh tujuh kemenangan dari delapan balapan sejak 2013, termasuk musim lalu saat ia masih dihantui cedera.