Tolak Wacana Tiket Liga Champions untuk Big Six Juara Piala FA, Moyes: Kami Harus Dapat Perlakukan Serupa
David Moyes (Twitter @WestHam)

Bagikan:

JAKARTA - Manajer West Ham United David Moyes menolak wacana pemberian tiket Liga Champions bagi tim-tim Big Six yang menjuarai Piala FA. Dia menilai, kesempatan itu harus diberikan secara adil kepada semua klub.

Big Six merujuk kepada tim-tim tradisional enam besar Liga Inggris yakni Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United dan Tottenham Hotspur, yang musim lalu malah terlibat dalam mufakat pembentukan Liga Super Eropa.

Pada Minggu kemarin, The Telegraph melaporkan pemenang Piala FA nantinya berpotensi meraih tiket Liga Champions per 2024 berdasarkan format baru yang tengah dipertimbangkan UEFA, tetapi itu hanya berlaku bagi klub-klub yang punya rekor kesuksesan di kompetisi Eropa.

Laporan itu menyatakan bahwa dua tiket tambahan dalam format Liga Champions 36 tim akan diberikan kepada negara anggota berdasarkan koefisiensi, formula yang selama ini dipakai UEFA untuk menentukan rekam jejak kesuksesan di kompetisi.

"Kita terus berbicara soal sepak bola yang inklusif, itu artinya memberi kesempatan setara kepada semua tim untuk bisa melangkah ke sana," kata Moyes dilansir Antara dari Reuters, Senin.

"Apabila tim yang juara Piala FA lebih kecil, kami seharusnya mendapat perlakukan serupa. Apabila saya bagian tim Big Six, apakah saya menginginkan hal serupa? Saya pikir tidak semua orang sepakat melihat itu sebagai format yang tepat. Seharusnya semua berdasar meritokrasi," ujarnya menambahkan.

West Ham saat ini menempati urutan keenam klasemen dengan raihan 51 poin dari 31 penampilan dan tertinggal tiga poin dari peringkat keempat Tottenham Hotspur yang memainkan lebih sedikit pertandingan.

Moyes selanjutnya akan memimpin West Ham menjamu Olympique Lyon dalam leg pertama perempat final Liga Europa pada Kamis mendatang.