Menit Bermain Minim, Alasan Shin Tae-yong Lobi Pelatih Ansan Greeners Lepas Asnawi ke SEA Games
Asnawi Mangkualam dan Shin Tae-yong (Instagram.com/@shintaeyong7777)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong berusaha membujuk pelatih Ansan Greeners, Cho Min Kook agar mau melepas Asnawi Mangkualam ke timnas Indonesia saat tampil di SEA Games 2022 di Vietnam pada Mei nanti.

Hal itu dilakukan Shin Tae-yong saat hadir langsung di Stadion Gwangyang, Korea Selatan, menyaksikan laga Ansan Greeners melawan Jeonnam Dragons pada lanjutan kasta kedua Liga Korea Selatan K League 2, Sabtu, 26 Maret lalu.

Lewat unggahan terbaru di akun Instagram-nya, Shin Tae-yong membeberkan bahwa kehadirannya di Stadion Gwangyang memang disengaja. Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui dirinya membujuk Cho Min Kook.

“Saya datang ke Stadium Jeonnam untuk rapat dengan pelatih Cho agar Asnawi dapat dipanggil ke SEA Games," tulis Shin Tae-yong melalui Instagram pribadinya.

Sebagai bukti Shin Tae-yong menengok Asnawi secara langsung, sang pelatih juga membagikan foto bersama. Baik Shin Tae-yong maupun Asnwi nampak begitu akrab seraya kompak melempar senyum.

Untuk gelaran SEA Games di Vietnam pada 12-24 Mei nanti, Shin Tae-yong diproyeksi bakal menjadikan Asnawi sebagai kapten timnas Indonesia U-23. Namun, jadwal SEA Games 2022 yang bentrok dengan agenda K League 2 bisa saja membuat Asnawi gagal memperkuat tim Garuda Muda karena Ansan kemungkinan besar tak akan melepasnya.

Di sisi lain, niatan Shin Tae-yong memboyong Asnawi ke SEA Games adalah karena jam bermain di Ansan yang minim. Di bawah asuhan Cho Min Kook, waktu bermain Asnawi terbilang rendah. Hal itu berbanding terbalik ketika Ansan Greeners masih dilatih Kim Gil Sik.

Bersama Cho Min Kook, Asnawi baru tampil empat kali dari tujuh laga yang sudah dilalui tim di K League 2. Total empat kali penampilannya itu pun hanya 41 menit.

Asnawi pun baru sekali menjadi starter, yakni saat Ansan berhadapan dengan Gwangju. Namun, ketika itu ia juga langsung diganti pada menit ke-25.

Di luar itu, kehadiran Shin Tae-yong di Stadion Gwangyang ternyata juga untuk menyaksikan penampilan putra keduanya, Shin Jae Hyuk. Jae Hyuk saat ini juga bermain untuk Ansan dan ia menjadi pencetak gol dalam laga imbang 1-1 ini.

“Sekalian nonton anak saya yang ke-2 debut pada tahun ini," tulis Shin Tae-yong menambahkan.

Tak hanya itu, kehadiran Shin Tae-yong di Korea Selatan juga untuk mengawal pasukan timnas U-19 yang fokus menjalani pemusatan latihan.