Jadwal Pertandingan Wakil Indonesia di Semifinal Swiss Open 2022: Fajar/Rian Termotivasi Kesuksesan Bagas/Fikri di All England 2022
Fajar Alfian punya misi besar di Swiss Open 2022. (Foto: Instagram @fajaralfian95/Badminton Photo)

Bagikan:

JAKARTA – Swiss Open 2022 sudah memasuki babak semifinal. Ada lima wakil Indonesia yang akan tampil untuk memperebutkan tiket ke partai puncak.

Salah satunya adalah pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ganda putra andalan Merah Putih ini ingin mendapat hasil terbaik di Swiss Open 2022.

Fajar/Rian kian termotivasi setelah junior mereka Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri jadi kampiun di All England pekan lalu.

"Yang pasti di setiap turnamen kita juga ingin selalu memberikan yang terbaik dan menang. Setelah melihat junior-junior sudah banyak yang maju, kita pun tidak mau kalah. Harus benar-benar ekstra kerja keras untuk mengembalikan performa maksimal kami," kata Rian dalam keterangan resmi.

Namun, tembok besar akan menjadi dihadapi Fajar/Rian untuk dapat menembus final di Swiss Open 2022. Mereka harus melewati terlebih dulu pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada Sabtu, 26 Maret malam nanti.

Rian mengatakan, mayoritas pasangan Malaysia mengandalkan pertahanan dan tidak gampang mati. Selain itu, Fajar/Rian juga punya rekor buruk dengan catatan menang-kalah 0-3 menghadapi Aaron/Chia.

"Jadi antisipasinya kita harus sabar di bola belakangnya, lebih mengatur dan jangan terburu-terburu ingin mematikan dalam satu atau dua kali pukulan. Kami belum pernah menang lawan mereka. Jadi lebih akan main nothing to lose saja, fokus poin per poin," ujar Rian.

Selain Fajar/Rian, Indonesia berhasil meloloskan empat wakil lainnya pada babak semifinal Swiss Open 2022. Empat wakil lainnya itu masing-masing dari ganda putra, tunggal putra, dan ganda campuran.

Selain Fajar/Rian, ganda putra lainnya yang lolos ke semifinal adalah Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Rambitan. Sementara itu, tunggal putra diwakili oleh Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Adapun satu-satunya wakil ganda campuran yang lolos keempat besar adalah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Tunggal dan ganda putra berpeluang membuat “All Indonesia Final” andai mampu mencegah langkah lawan-lawan mereka.

Tunggal putra

Anthony Sinisuka Ginting (3) vs Prannoy H.S. (India)

Jonatan Christie (4) vs Kidambi Srikanth (7/India)

Ganda putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (4) vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (2/Malaysia)

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (8/Malaysia)

Ganda campuran

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (8/Jerman).