Sempat Ikut Bela Negara Perang Lawan Rusia, Oleksandr Usyk Diizinkan Pergi dari Ukraina untuk Persiapan Duel Kontra Anthony Joshua
Oleksandr Usyk (Instagram @team_usyk)

Bagikan:

JAKARTA – Juara dunia tinju kelas berat Oleksandr Usyk sudah mendapat izin dari Menteri Olahraga Ukraina untuk meninggalkan negaranya demi memulai persiapan untuk pertandingan ulang melawan Anthony Joshua.

Usyk dan Joshua dijadwalkan bertemu di atas ring pada pertengahan tahun ini. Namun, duel keduanya diperkirakan akan batal karena Usyk saat ini sedang membela negaranya berperang melawan Rusia.

Tapi, sebuah informasi terbaru menyebut bahwa Usyk sudah mendapat izin berlatih sehingga ia boleh meninggalkan Ukraina sekalipun dalam situasi perang. Terutama undang-undang membolehkan karena ia masih punya anak yang kecil-kecil.

"Itu benar. Usyk pindah ke kamp pelatihannya di Eropa," sebuah sumber mengatakan kepada SunSport seperti dikutip oleh The Sun, Rabu, 23 Maret.

Meski demikian, Usyk saat ini dalam dua pilihan akibat petinju Vasyl Lomachenko menolak untuk pergi meninggalkan Ukraina untuk pertarungan melawan George Kambosos pada bulan Juni.

Penolakan Lomachenko membuat keputusan Usyk akan menjadi belum jelas. Apakah ia akan mengikuti langkah kompatriotnya itu atau memilih pergi berlatih untuk mewujudkan tarung ulang kontra Joshua.

Sebelumnya pada awal pekan ini, promotor tinju ternama, Eddie Hearn, memperkirakan Usyk akan siap menghadapi Joshua pada Juni mendatang. Usyk diprediksi tidak akan terpengaruh dengan keputusan Lomachenko.

"Apakah AJ vs Usyk terjadi sekarang? Saya benar-benar berpikir itu terjadi. Saya benar-benar berpikir pertarungan selanjutnya itu akan terjadi pada bulan Juni," ujar Hearn.

Usyk merupakan juara dunia pemegang empat sabuk versi WBA, WBO, IBF, dan IBO. Ia memperoleh semua sabuk itu usai menumbangkan Joshua lewat kemenangan angka mutlak pada 26 September 2021 lalu di Tottenham Hotspurs Stadium, Inggris.

Usai kemenangan itu Usyk disebut bakal naik ring melawan Tyson Fury untuk merebut titel juara kelas berat sejati. Namun, duel itu batal karena Joshua disebut tidak mau melepas klausul tarung ulang yang dipegangnya.