Alex Rins Jelaskan Kronologi Motornya Terbakar, Diawali Bocor pada Tabung Oli
Alex Rins (Instagram @alexrins)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins menjelaskan penyebab motornya terbakar pada latihan bebas keempat (F4) MotoGP Grand Prix Mandalika pada Sabtu kemarin.

Insiden mengerikan itu terjadi pada menit keenam saat Rins menjalani run pertamanya. Motor GSX-RR milik pebalap asal Spanyol itu bermasalah mulai dari tikungan 10 sebelum mengeluarkan api di tikungan 13.

"Ada masalah dengan tabung tempat oli. Di tikungan 10 bagian belakang saya tergelincir kecil. Saya melihat sepatu bot dan ban saya, tetapi semuanya normal. Jadi saya terus memacu motor saya," kata Rins dikutip dari Crash.

"Lalu di tikungan berikutnya bagian belakang tergelincir lagi. Jadi saya memilih keluar dari garis balap. Pertama demi keselamatan saya dan keselamatan pebalap lainnya," Rins melanjutkan.

Rins langsung melepas motornya dan menjatuhkan dirinya setelah ia menyadari ada api di tunggangnya pada tikungan 12 dan 13.

Tidak lama setelah itu red flag (bendera merah) pun langsung dikibarkan menandai FP4 harus dihentikan sementara saat sesi tersisa 23 menit dan 32 detik.

"Lalu ketika saya melihat motor terbakar itu adalah momen yang menakutkan karena yang ada di kepala saya adalah 'Alex, lompat' karena mungkin motornya akan meledak. Jadi itu bukan momen yang bagus. Tapi saya baik-baik saja," ujar Rins.

Pebalap Johann Zarco merupakan salah satu pebalap yang tidak menyadari ada tumpahan oli di tikungan sepuluh sehingga ia kecelakaan di tikungan 10. Namun, seperti Rins, ia dapat bergabung kembali ke latihan bebas setelah bendera hijau dikibarkan menandai sesi dimulai lagi.

Rins bakal memulai balapan pada Minggu dari posisi kedelapan setelah ia mengukir catatan waktu 1 menit 31,582 detik atau terpaut 0,515 detik dari Fabio Quartararo yang mencuri pole position. Sementara itu, Zarco bakal memulai balapan dari posisi ketiga baris terdepan.