600 Peserta Ikuti Kompetisi <i>Drag Race</i> Perdana di Palembang
Ilustrasi (dok. Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kompetisi drag race perdana yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan, disambut antusias oleh para pebalap di daerah tersebut. Hal ini terkonfirmasi dari jumlah peserta yang mencapai 600 peserta.

Kompetisi bertajuk RD Drag Bike dan Drag Race Palembang 210M 2022 tersebut berlangsung pada Sabtu, 19 maret, dan berakhir Minggu, 20 Maret, di Sirkuit Balap Jakabaring Sport City (JSC), Palembang.

"Antusiasmenya luar biasa sekali. Sedikitnya ada 600 peserta yang mengikuti kompetisi perdana ini," ujar Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, sebagaimana dilansir Antara, Sabtu, 19 Maret.

Menurut Ratu, ada beberapa kelas perlombaan dalam kompetisi drag yang digelar perdana selama masa pandemi COVID-19, bersama dengan AGP Production dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Selatan itu.

Masing-masing 18 klas untuk Drag Bike yang terdiri dari empat klas poin, tiga klas Lokal Sumatera, tiga klas bracket dan delapan klas supporting.

Kemudian 15 klas untuk Drag Race mobil, diantaranya tujuh klas bracket (9 - 12 detik), satu FFA, monster deasel, City Car stock max 1.300 cc - 1.500 cc, dan sedan modification.

"Kami catat ada 350 peserta untuk drag bike dan 250 peserta mobil. Mereka pebalap yang berasal tidak hanya dari Palembang tapi juga ada dari luar daerah," kata Ratu, dengan didampingi Ketua Harian IMI Sumatera Selatan, Taufik Husni.

Adapun tujuan utama yang melandasi diselenggarakannya kompetisi drag race tersebut, kata Ratu, yaitu untuk mengedukasi sekaligus membina pebalap-pebalap muda Palembang supaya tidak melakukan balapan liar di jalan raya karena lebih banyak dampak buruknya.

"Kemudian menyiapkan mereka menjadi pebalap yang profesional dan berprestasi, termasuk menyemarakkan kembali dunia balap di Palembang yang sempat terhenti selama pandemi dengan kepatuhan protokol kesehatan yang ketat," tegas Ratu.