Motor Aleix Rins Terbakar di Lintasan, FP4 MotoGP Mandalika 2022 Terpaksa Berhenti Sementara
FOTO: Twitter MotoGP/Insiden motor pebalap Suzuki, Aleix Rins yang terbakar saat menjalani sesi latihan bebas (FP4)

Bagikan:

JAKARTA - Insiden motor pebalap Suzuki, Aleix Rins yang terbakar saat menjalani sesi latihan bebas (FP4) membuat salah satu rangkaian agenda MotoGP Mandalika 2022 dihentikan.

Sepeda motor Suzuki GSX-RR yang ditunggangi Rins terbakar saat FP4 menyisakan 23 menit dan 32 detik dari 30 menit terjadwal. Momen terbakarnya motor Rins terjadi saat pembalap asal Spanyol itu memasuki tikungan 10.

Momen tersebut dibagikan langsung oleh akun resmi MotoGP di Twitter. Dalam unggahan itu terlihat api muncul dari bagian bawah mesin motor Rins. Tidak lama berselang api mulai membesar dan semakin terlihat.

Sesi ditandai merah! Bukan panas Indonesia @Rins42 yang diharapkan tetapi kondisi trek perlu dinilai di Tikungan 13,” tulis akun tersebut mengiringi momen yang diunggah, Sabtu, 19 Maret.

Semula Rins tidak sadar sepeda motornya terbakar. Pembalap nomor 42 itu berusaha melihat apa yang terjadi dengan sepeda motornya karena tidak bisa dipacu.

Setelah sadar sepeda motornya terbakar, Rins kemudian melompat dari sepeda motornya untuk menyelamatkan diri di tikungan 13 Sirkuit Mandalika. Sejumlah marshal kemudian datang dan berusaha memadamkan api.

Insiden itu membuat Race Direction MotoGP memutuskan untuk mengibarkan bendera merah atau red flag. Sesi FP4 kemudian dihentikan dan pihak FIM Safety memeriksa kondisi trek sebelum sesi FP4 bisa kembali digelar.

“Istirahat sejenak untuk proses pengecekan karena bahan bakar dari @Rins42 Suzuki harus dibersihkan!” lanjut cuitan sambungan akun @MotoGP.