Bagikan:

JAKARTA - Pemain timnas Indonesia, Pratama Arhan tinggal selangkah lagi merapat ke Jepang untuk bergabung dengan klub kasta kedua, Tokyo Verdy. Sebelum berangkat, Arhan mengaku sudah pasang target untuk merebut tempat utama di tim J2 League itu.

“Nanti di sana (Tokyo Verdy) saya akan bekerja lebih keras lagi agar dapat tempat di tim inti lah,” kata Arhan saat konferensi pers pada Jumat, 4 Maret.

Bek kiri 20 tahun itu dikontrak Tokyo Verdy dengan durasi dua musim. Arhan yang sebelumnya membela PSIS Semarang dilepas ke Tokyo Verdy tanpa biaya sepeser pun. Laskar Mahesa Jenar sendiri mengaku ikhlas melepas Arhan secara cuma-cuma demi perkembangan karier sang pemain muda.

Terkait keberangkatannya ke Jepang, Arhan mengaku sudah mempersiapkan segala hal dengan matang. Tak terkecuali soal kemampuannya dalam berbahasa.

Meski saat ini belum terlalu fasih berbahasa Jepang, Arhan dengan tegas menyatakan keinginan besarnya untuk memperdalam bahasa lokal. Hal itu tak lain demi perkembangangannya di lapangan.

“Ini saya sudah mulai mencari guru les (bahasa Jepang), nanti akan belajar online,” katanya.

Terlepas dari persiapan dan teget, Arhan sendiri sudah menandatangani kontrak bersama Tokyo Verdy pada Januari lalu. Tapi, usai diresmikan, Arhan belum bisa langsung bergabung karena masih harus mengurus dokumen kepindahan.

Dalam masa itu, Arhan juga masih diberi kesempatan untuk menikmati laga-laga terakhir bersama PSIS Semarang. Saat ini, dokumen kepindahan Arhan sudah selesai. Dusan Bogdanovic selaku agen Arhan menyebut kliennya akan berangkat ke Jepang pekan depan.