Tak Diduga! Ini 2 Alasan Shin Tae-yong Minta PSSI Naturalisasi Kiper Sampdoria Emil Audero Mulyadi
Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi. (Instagram/@emil_audero)

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah berusaha untuk menaturalisasi kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi. Hal ini merupakan permintaan langsung dari pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong.

Ternyata, Shin ingin Emil Audero Mulyadi dinaturalisasi demi meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.

"Pemain dengan kemampuan bagus seperti itu akan menyebarkan budaya sepak bola yang baik, khususnya untuk para penjaga gawang Indonesia," ujar Shin di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis, 3 Maret.

Dia juga tak menampik, kualitas Emil Audero juga bisa membantu timnas Indonesia berprestasi di kancah internasional. Dua alasan itu yang membuat juru taktik asal Korea Selatan tersebut menginginkan Emil berada di skuad "Garuda".

Shin pun menyerahkan semuanya kepada PSSI untuk mengurus semua hal terkait Emil. Dia pribadi tak bisa memberikan jaminan apakah sang pemain mau menerima tawaran ini.

"Saya pribadi tidak bisa memastikan apakah dia mau dinaturalisasi atau tidak," tutur pria asal Korea Selatan itu.

PSSI kabarnya memprioritaskan Emil sebagai pemain keturunan Indonesia keempat atau terakhir yang dinaturalisasi untuk kepentingan tim nasional. Pembicaraan dengan pemain kelahiran Nusa Tenggara Barat itu pun sudah dilakukan di Italia.

Andai Emil menolak untuk menjadi WNI, PSSI sudah menyiapkan gelandang FC Luzern, Jordy Whermann, untuk mengisi slot terakhir. Sebelumnya, sudah ada tiga nama berposisi bek yang dalam proses pewarganegaraan Indonesia yakni Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Terkait