7 Pemain Sepak Bola Keturunan Indonesia yang Tampil Bersinar di Eropa
Pemain sepak bola keturunan Indonesia Radja Nainggolan (Foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sepak bola Indonesia di kancah internasional memang belum terlalu dipandang. Namun ada sederet pemain sepak bola dunia yang ternyata berdarah Indonesia. Mereka bermain di klub-klub besar Eropa. Siapa saja pemain sepak bola keturunan Indonesia yang bermain di liga Eropa?

Para pemain sepak bola keturunan Indonesia tersebut punya karir yang cemerlang di Eropa. Bahkan mereka juga menjadi pemain andalah bagi klub maupun negara yang dibelanya. Namun masih banyak yang tak menyangka jika banyak pemain top dunia yang berdarah Indonesia. Jangan-jangan salah satunya adalah pemain idolamu.

Lantas siapa saja pemain sepak bola keturunan Indonesia yang bermain di klub kancah internasional?

Daftar Pemain Sepak Bola Keturunan Indonesia

Para pemain berikut ini masih punya darah keturunan dari Indonesia. Entah itu dari ayahnya, ibunya, atau kakek dan neneknya. Merkea dilahirkan di luar negeri dan bukan berkebangsaan Indonesia. Namun ada juga yang dilahirkan di tanah air. Inilah nama-namanya.

Emil Audero Mulyadi

Nama Emil Audero Mulyadi pernah menjadi perbincangan dalam dunia sepak bola Indonesia dalam beberapa waktu lalu. Emil merupakan seorang pemain Sampdoria, sebuah klub di Liga Italia. 

Emil Audero merupakan pemain keturunan Indonesia. Emil dilahrikan di Indonesia pada 18 Januari 1997, tepatnya di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ayahnya merupakan warga aslin Indonesia, bernama Edy Mulyadi. Sedangkan ibunya berasal dari Italia, bernama Antonela Audero.

Pemain berusia 25 tahun ini pernah dipanggil untuk membela Timnas Indonesia pada tahun 2016. Namun Emil menolak dengan tegas. Ia lebih memilih menjalani karirnya di Italia. Selama karirnya, ia telah membela sejumlah klub Eropa. Ia juga ikut pendidikan sepak bola di akademi Juventus. Bahkan Emil pernah diturunkan untuk  membela Timnas Italia di sejumlah kelompok usia.

Radja Nainggolan 

Nama pemain yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia pecinta bola. Radja Nainggolan punya cukup banyak penggemar di Indonesia. Darah Indonesianya mengalir dari ayahnya. Sedangkan ibunya merupakan warga asli Belgia.

Ia juga menjadi pemain punya karir cukup cemerlang di Eropa. Pemain ini juga cukup mencolok di lapangan, karena tampil dengan gaya rambut unik dan tatto penuh di badan. Radja Nainggolan pernah bergabung dengan sejumlah klub papan atas Eropa. Ia tampil di laga Serie A, membela  AS Roma dan Inter Milan. 

Nigel de Jong

Pemain bola keturunan Indonesia selanjutnya adalah Nigel de Jong. Pemain yang membela timnas Belanda ini memiliki garis keturunan Indonesia. Ibu Nigel berasal dari Ambon, Maluku. Ayahnya diketahui berasal dari Suriname, sebuah negara yang memiliki mayoritas penduduk dari suku Jawa. 

Meski kedua orang tuanya sama-sama berdarah Indonesia, Nigel de Jong memilih menjadi warga negara Belanda. Nigel pernah bergabung membela sejumlah klub besar Eropa, seperti Ajax, Manchester City, hingga AC Milan. Karir sepak bola Nigel terangkat ketika bersama Ajax. Lalu pada 2021, ia memutuskan untuk gantung sepatu. 

Jayden Oosterwolde 

Jayden Oosterwolde merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia. Pesepak bola muda ini pernah membuat Shin Tae-yong kepincut untuk merekrutnya masuk Skuad U-19 Timnas Indonesia. 

Namun Jayden Oosterwolde menolak ajakan dari Shin Tae-yong. Ia lebih memilih bermain untuk Timnas Belanda. Pemain muda ini dilahirkan 26 April 2001 di Zwolle, Belanda. Di lapangan, ia tampil sebagai pemain bek kiri. 

Jairo Riedewald 

Nama pemain keturunan Indonesia yang satu ini memang masih cukup asing didengar. Jairo Riedewald merupakan pemain keturunan Indonesia. Ayahnya berasal dari Suriname, sedangkan ibunya berdarah Belanda dan Indonesia. 

Saat ini Jairo Riedewald bergabung dalam klub Liga Inggris, yakni  Crystal Palace. Pemain berusia 25 tahun ini menempati posisi sebagai bek. Ia tampil bersama Crystal Palace sejak 24 Juli 2017. Sebelumnya ia bermain di Ajax Amsterdam selama empat tahun. 

John Heitinga 

John Heitinga merupakan pemian Timnas Belanda keturunan Indonesia. Ia memiliki darah Indonesia yang berasal dari ayahnya dan kakeknya. Ayahnya berasal dari Jakarta, dan kakeknya dari Belitung. 

John Heitinga punya karir yang cukup cemerlang di Eropa. Ia pernah memperkuat sejumlah klub besar, seperti Ajax Amsterdam, Atletico Madrid, Everton, hingga Fulham City. Namun pemain berusia 38 tahun tersebut sudah pensiun sejak  2016 silam.

Robin van Persie 

Pemain bola keturunan Indonesia yang terakhir adalah Robin van Persie. Namanya sudah sangat terkenal bagi pecinta sepak bola di seluruh dunia. Ia menjadi pemain bintang sekaligus legenda sepak bola Belanda yang masih hidup. 

Robin van Persie masih memiliki darah keturunan Indonesia. Nenek dari ibunya berasal dari Surabaya. Karir Robin di Eropa sangat bersinar. Ia menjadi pemain utama dan andalan di Arsenal dan Manchester United.

Itu tadi sederet nama pemain sepak bola keturunan Indonesia yang bersinar di Eropa. Selain ketujuh nama tadi, masih ada beberapa pemain bola lainnya yang juga memiliki darah Indonesia. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan berita terupdate nasional dan internasional untuk anda