17,5 Persen Lintasan Sirkuit Mandalika Bakal Diaspal Ulang, dari Tikungan 16,5 hingga Tikungan 6,5
Pembalap Team Suzuki Ecstar Joan Mir memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, pada Jumat, 11 Februari 2022. (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA – Sirkuit Mandalika dipastikan bakal diaspal ulang (resurfacing) sesuai rekomendasi dari Dorna Sport dan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM). Proses itu kurang lebih mencakup 17,5 persen lintasan.

Dorna dan FIM sudah mengidentifikasi masalah-masalah yang perlu diperbaiki. Di antaranya kebersihan permukaan trek akibat banyaknya agregat, seperti pasir, debu, kerikil, dan pecahan batu yang berada di atas lintasan.

Selain itu, mereka juga merekomendasikan pengaspalan ulang sejumlah bagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5.

"Yang akan kami lakukan (aspal ulang) itu mulai dari Tikungan 16,5 hingga Tikungan 6,5, jadi kurang lebih 17,5 persen dari keseluruhan lintasan yang ada," kata Direktur Utama PT PP Novel Arsyad mengutip Antara.

PT Pengembang Pariwisata Indonesia (ITDC) akan menggandeng PT Pembangunan Perumahan serta Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) untuk melakukan pengaspalan ulang sirkuit itu. Pengerjaan tersebut ditargetkan rampung paling lambat pada 10 Maret nanti.

Saat ini pihak kontraktor sudah mulai mendatangkan alat-alat berat serta material yang dibutuhkan ke Lombok. Sementara itu, proyek resurfacing akan dimulai pada pekan depan.

Peralatan mulai didatangkan ke Lombok sejak tanggal 15 Februari kemarin. RMI juga telah menyetujui penggunaan batu dari Palu sebagai material untuk mengaspal sirkuit yang sesuai standar.

"Pertama, kami akan melakukan pengelupasan lapis aspal teratas, dan langsung kami bersihkan untuk dilakukan pengaspalan ulang, itu terjadi di beberapa tempat, bukan di seluruh lintasan. Harapannya dalam minggu depan ini kami sudah bisa bekerja di lapangan," kata Novel.

Mayoritas pebalap MotoGP menyukai layout dan desain sirkuit sepanjang 4,3 km tersebut selama ofisial tes pramusim 11-13 Februari lalu. Selain itu, mereka juga memuji serta standar keamanan, termasuk area run off, dan gravel yang sangat lebar.

Meski demikian, ada juga yang mengeluhkan kondisi trek yang kotor, berdebu dan bahkan banyaknya batu-batu kecil di lintasan. Keluhan ini juga pernah dilontarkan para pebalap World Superbike pada November tahun lalu.

Selain harus diaspal ulang, Dorna dan FIM juga memberikan beberapa rekomendasi lainnya untuk Sirkuit Mandalika. Di antaranya adalah pengecatan ulang di beberapa titik, perbaikan tenda marshal, dan pengecatan ulang motif tenun.