Dampingi Persiapan Praveen/Melati di All England 2022, Richard Mainaky: Saya Hanya Memotivasi dan Melihat Apa yang Kurang dalam Persiapan
Pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (INSTAGRAM @melatidaeva)

Bagikan:

JAKARTA — Mantan pelatih PBSI Richard Mainaky bakal mendampingi pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di All England 2022.

Praveen/Melati yang baru saja didegradasi dari Pelatnas akan menjalani tur Eropa pada bulan depan. Selain turun di All England, mereka dijadwalkan akan bermain di German Open dan Swiss Open.

"Apa yang saya lakukan kepada mereka lebih untuk memotivasi mereka saja. Sekaligus melihat apa-apa yang masih kurang dalam persiapannya. Karena ini kan turnamen pertama mereka setelah degradasi dari Pelatnas," kata Richard dikutip laman resmi PB Djarum.

Selain Praveen/Melati, sosok yang kini menjabat Technical Advisor PB Djarum itu, juga bakal mendampingi pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami. Dejan/Gloria juga akan turun di tiga turnamen di atas.

Richard yang saat ini menetap di Manado, Sulawesi Utara, sudah terbang ke Kudus, Jawa Tengah, untuk membuat persiapan mendampingi Praveen dan kawan-kawan selama kurang lebih dua minggu.

Richard mengatakan bahwa proses pendampingan yang dia lakukan lebih kepada penguatan mental dan pemberian motivasi. Ia berharap tiga pasangan yang akan berangkat dan bertanding ini Eropa ini bisa tampil all out dan maksimal.

"Saat ini saya ingin fokus memotivasi Praveen/Melati, Dejan/Gloria dan Akbar/Gischa, bahwa mereka masih bisa. Harus yakin dan semangat. Sekarang semuanya ada di tangan mereka," ujar Richard.

Praveen/Melati harus menjalani latihan gabungan di Kudus karena kekurangan sparring partner apabila mereka berlatih di GOR Djarum Jakarta.

Selain Richard, Praveen/Melati dan kawan-kawan juga mendapat dukungan dari pasangan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Keduanya saat ini berada di Kudus untuk memberikan masukan kepada tim sebelum berangkat ke Eropa.