Park Hang-seo, Pelatih Pertama yang Bawa Negara Asia Tenggara Menang di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Park Hang-seo (tangkapan layar YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Vietnam, Park Hang-seo sukses mencatatkan sejarah sebagai pelatih pertama yang membawa negara Asia Tenggara meraih kemenangan di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Momen ini terjadi saat Park Hang-seo mengawal timnya tampil menghadapi China pada Selasa, 1 Februari.

Dalam pertandingan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 20233 di Stadion My Dinh, Vietnam yang tampil di hadapan pendukungnya sukses membungkam China dengan skor 3-1. Tampil ngotot sejak awal, kemenangan Vietnam kali ini disumbang oleh Ho Tan Tai, Nguyen Tien Linh dan Phan Van Duc.

Skor 3-1 yang diraih Vietnam di laga ini bukan cuma membuat mereka menang atas China, tetapi juga membuat sejarah baru di dunia sepak bola Asia Tenggara.

Dilansir dari VN Express, Rabu, kemenangan ini membuat Vietnam jadi tim Asia Tenggara pertama yang memenangkan pertandingan di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Catatan tersebut sekaligus menjadikan Park Hang-seo sebagai pelatih pertama yang bisa membawa negara Asia Tenggara meraih kemenangan di babak terakhir Kualifikasi Piala Dunia.

Bukan cuma itu, kemenangan Vietnam ini juga jadi momen pertama kalinya pasukan The Golden Star mampu mengalahkan China setelah sebelumnya kalah di tujuh laga.

Seusai pertandingan, Park Hang-seo mengaku sangat senang timnya bisa meraih poin penuh di laga kontra China.

"Setelah kalah dalam tujuh pertandingan, kami berada di bawah banyak tekanan dan kelelahan untuk waktu yang lama meskipun para pemain masih bersatu," kata Park Hang-seo.

"Hari ini, pada hari pertama Tahun Baru Imlek- hari yang sangat berarti, tim bertemu China dan menang," lanjutnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengucapkan terima kasih atas semua dukungan yang telah diberikan kepada timnya.

"Ini pertama kalinya Vietnam menang melawan China, pertama kali tim Asia Tenggara menang di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia."

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar karena telah mendukung tim," ucapnya.

Kendati menang 3-1 atas China, Vietnam masih berada di posisi juru kunci Grup B. Sementara China ada satu tingkat di atasnya dan posisi puncak ditempati Arab Saudi.