Ban dan Bahan Bakar MotoGP 2022 untuk Tes Pramusim sudah Tiba di Mandalika
MotoGP 2022 (INSTAGRAM @motogp)

Bagikan:

JAKARTA – Ban dan bahan bakar tim MotoGP 2022 sudah tiba di Sirkuit Mandalika. Logistik itu didatangkan melalui jalur laut untuk tes pramusim ajang balap motor paling bergengsi tersebut.

Tes pramusim di Sirkuit Mandalika dijadwalkan berlangsung pada 11-13 Februari mendatang. Sementara itu, jadwal balapan akan berlangsung pada 18-20 Maret nanti setelah seri pertama yang digelar di Qatar.

”Seluruh ban dan bahan bakar untuk masing-masing kendaraan tim balap sudah datang melalui laut dan saat ini sebagian sudah berada di Sirkuit Mandalika,” kata Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dikutip ANTARA.

Adapun motor-motor pebalap serta berbagai perlengkapan spare-part lainnya diangkut melalui jalur udara. Beberapa pesawat akan digunakan untuk membawa perlengkapan dan motor yang langsung mendarat di Bandara Internasional Lombok.

Sampai saat ini pihak penyelenggara MotoGP Mandalika terus mempersiapkan tata letak berbagai kontainer yang akan dijadikan kantor Dorna, kantor media, untuk penempatan motor, dan spare part. Pembangunan berbagai fasilitas penunjang juga terus dikebut.

Persiapan yang terus dilakukan pihak MGPA di antaranya pembangunan tribun penonton, pembenahan lintasan utama, serta persiapan SDM untuk perekrutan marshal. Sementara itu, perbaikan sistem saluran air lintasan sudah selesai dikerjakan.

”Saat dilakukan pengukuran dan pemantauan, dapat disimpulkan bahwa sudah tidak ada genangan saat terjadi hujan lebih di area sirkuit,” ujar Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba.

Adapun perbaikan di lintasan utama mencakup pengecatan pada beberapa area barier sesuai permintaan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM), penambahan tyre barrier di beberapa lokasi, dan pemasangan digi flag.

MotoGP musim ini total menggelar 21 seri atau ada tambahan dua seri dari musim lalu. Indonesia termasuk satu dari dua seri baru yang masuk kalender musim ini bersama Finlandia.