Ditekuk Wakil Tuan Rumah 2 Set Langsung, Christopher Rungkat Angkat Koper dari Australia Open 2022
Christopher Rungkat (Instagram @christorungkat)

Bagikan:

JAKARTA - Perjalanan petenis Indonesia, Christopher Rungkat, di Australia Open 2022 harus berhenti di babak kedua ganda putra. Ia tersingkir bersama rekan mainnya asal Filipina, Treat Huey.

Petenis kelahiran Jakarta 32 tahun silam tersebut menyerah dalam pertandingan dua set langsung 6-7(8), 4-6, di Melbourne Park, Jumat, 21 Januari. Rungkat/Huey menyerah dari pasangan tuan rumah, Li Tu/Dane Sweeny.

Rungkat dengan kawan mainnya hadir ke Australia Open tahun ini dengan status peringkat 150-an. Petenis andalan Indonesia itu menempati peringkat 152, sedangkan partner mainnya mengisi ranking 137.

Mereka berhasil melewati babak pertama setelah meraih kemenangan tiga set atas Rohan Bopanna (India) dan Eduard Roger-Vasselin (Prancis). Namun, kesuksesan di babak pertama itu tidak berhasil mereka ulangi.

Dalam laga melawan wakil tuan rumah di putaran kedua, Rungkat/Huey punya kesempatan besar memenangkan set pertama. Sayangnya, mereka tidak bisa mempertahankan keunggulan 5-3 yang mereka miliki dan harus menyerah lewat babak tie break.

Di set kedua, Rungkat/Huey yang sempat tertinggal 5-1 berhasil bangkit dan memperkecil skor menjadi 4-5. Namun, satu forehand dari pasangan tuan rumah berhasil menyudahi pertandingan dalam durasi 1 jam 20 menit.

Rungkat sudah malang melintang di berbagai ajang grand slam. Sebelum ke Australia Open ia tercatat sudah pernah tampil di Prancis Open, Amerika Open, dan Wimbledon.

Dari semua penampilan tersebut Christo selalu berpasangan dengan petenis asal Taiwan, Hsieh Cheng-peng. Namun, hasilnya belum memuaskan.

Pencapaian terbaik Christo di grand slam adalah mencapai babak kedua di Prancis Open dan Australia Open tahun ini. Selebihnya ia selalu tersingkir pada babak pertama.