Rehan/Lisa Jadi Satu-satunya Wakil Indonesia di Semifinal French Open 2022
Rehan/Lisa (Foto: PBSI)

Bagikan:

JAKARTA — Ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang sukses menuju semifinal French Open 2022.

Tiket empat besar didapat Rehan/Lisa setelah mengalahkan pasangan tuan rumah unggulan keenam Thom Gicquel/Delphine Delrue dalam drama rubber game 14-21, 21-15, dan 21-17 di Stade Pierre de Coubertin, Jumat, 28 Oktober malam WIB.

"Kami memberikan bukti bahwa ganda campuran Indonesia, semua pemain ganda campuran sebenarnya tidak kalah dengan pasangan lawan. Sekarang tinggal hanya menambah komunikasi dan fokusnya di lapangan," ujar Rehan usai laga.

Kemenangan ini membuat Rehan/Lisa untuk sementara unggul rekor menang-kalah atas pasangan tersebut menjadi 2-0. Satu kemenangan sebelum didapat Rehan/Lisa di babak yang sama di Swiss Open pada Maret lalu.

Namun, ketika itu perjalanan Rehan dan Lisa cuma mencapai babak semifinal setelah mereka ditekuk oleh Mark Lamsfuss/Isabel Lohau. Adapun semifinal di French Open ini merupakan langkah terjauh Rehan/Lisa terutama di turnamen berlevel Super 750 BWF.

"Ini menjadi semifinal pertama kami di level ini. Pelatih meyakinkan kami untuk bisa melangkah jauh di sini. Sebelumnya di Swiss Open 2022 kami juga pernah melawan mereka dan menang. Itu membuat kami percaya diri," ujar Rehan.

Di semifinal nanti Rehan/Lisa akan menghadapi pasangan Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek, yang lolos setelah mengalahkan unggulan kelima Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung.

Indonesia sebenarnya punya tiga wakil di perempat final. Namun, dua wakil lain, yakni tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, harus angkat koper.

Jonatan dipaksa pulang setelah cedera pada gim ketiga saat bertemu wakil dari wakil Jepang, Kodai Naraoka. Sementara itu, perjalanan Bagas/Fikri terhenti usai ditekuk pasangan Chinese Taipei, Lu Ching Yao/Yang Po Han.