Profil Nandita Ayu Salsabila, Srikandi Voli Indonesia dengan Segudang Prestasi
Nandita Ayu Salsabila @bandungbjbtandamataofficial

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Nandita Ayu Salsabila menarik untuk disimak, mengingat ia adalah salah satu pevoli putri Indonesia yang kerap menjadi sorotan. Pada Proliga 2022, perempuan yang akrab disapa Ayu ini meraih penghargaan sebagai MPV atau pemain terbaik.

Peforma Ayu selalu konsisten di ajang domestik. Oleh sebab itu, tak heran jika Ayu selalu dipanggil timnas Voli Indonesia untuk mengikuti kejuaraan internasional.

Profil Nandita Ayu Salsabila

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Minggu, 23 Oktober 2022, Lahir di Jakarta, 12 Juli 1997, Nandita Ayu Salsabila tumbuh dari keluarga atlet. Ayahnya, Sudirman adalah pemain sepak bola profesional dan ibunya Tri Wahyuni adalah atlet voli yang pernah membela Timnas Indonesia.

Ayu sudah akrab dengan bola voli sejak masih duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar (SD). Teknik dasar pertama yang dipelajari Ayu adalah passing. 

Sang ibu yang menyadari anaknya tertarik dengan olahraga voli, langsung mengarahkan Ayu untuk lebih serius.

Oleh orang tuanya, Ayu disekolahkan di sekolah khusus atlet di Ragunan, Jakarta. Ketika duduk di bangku kelas 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP), Ayu sudah mengikuti kejuaraan nasional dengan membla DKI Jakarta.

Berkat penampilannya yang memukai di kejurnas, Ayu dipanggil timnas untuk mengikuti ASEAN School Games pada 2012 di Thailand. Kala itu, ia menjadi pemain timnas paling muda,

Pada tahun yang sama, Ayu juga bergabung dengan Jakarta Popsivo Polwan untuk bermain di Proliga. Dalam turnamen tersebut, Ayu berhasil membawa popsivo menjadi juara Proliga dua kali berturut-turut, yakni pada tahun 2012 dan 2013.

Pada 2013, Ayu yang berposisi sebagai open spike, kembali dipanggil oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indoensia (PBVSI) untuk mengikuti ajang SEA Games Myanmar 2013. Bersama Timnas Voli, Ayu berhasil membawa pulang medali perunggu.

Pada 2016, Ayu kembali memperkuat Timnas Voli di Piala VTV. Kendati finis diperingkat ketiga, Ayu dinobatkan menjadi Miss Bola Voli di ajang tersebut.

Timnas voli putri Indonesia.
Timnas voli putri Indonesia. (Foto: PBVSI)

Pada kejuaraan Proliga 2017, Ayu membela tim Jakarta Pertamina Energi. Sayangnya, dalam kejuaraan tersebut, tim Jakarta Pertamina Energi hanya berhasil menjadi runner up. Ayu dkk kalah dari Jakarta Elektrik PLN.

Pada 2017, Ayu kembali dipanggil Timnas Voli untuk mengikuti ajang SEA Games Malaysia. Dalam turnamen tersebut, Ayu dan kawan-kawan berhasil meraih medali perak.

Pada 2021, Ayu dipanggil PBVSI untuk mengikuti kompetisi Sea Games 2021 di Vietnam. Dalam event olahraga tersebut, Bola voli putri menjadi salah satu ajang olahraga yang menarik untuk diikuti. Terlebih, skuad timnas bola voli putri indonesia diisi oleh pemain-pemain terbaik dan profesional.

Saat ini, Ayu menempati posisi open spike di Bandung BJB Tandamata dan ikut bertanding dalam ajang Proliga 2022. Selain itu, Ayu juga masih memperkuat Timnas Voli Indonesia.

Keluarga Nandita Ayu Salsabila

  • Ayah : Sudirman
  • Ibu : Tri Wahyuni
  • Saudara :Tasya Aprilia Putri, Rizky M Sudirman

Karier Nandita Ayu Salsabila

  • Sekolah Khusus Olahragawan Ragunan, Jakarta
  • Jakarta Popsivo Polwan, 2012
  • Jakarta Pertamina Energi, 2017
  • Timnas Indonesia, 2012-2022

Prestasi Nandita Ayu Salsabila

  • Juara Proliga 2012, Jakarta Popsivo Polwan
  • Juara Proliga 2013, Jakarta Popsivo Polwan
  • Medali Perunggu, Timnas Indonesia, SEA Games Myanmar 2013
  • Medali Perunggu, Timnas Indonesia, SEA Games Singapura 2015
  • Medali Perak, Timnas Indonesia, SEA Games Malaysia 2017
  • Runner Up Proliga 2017, Jakarta Pertamina Energi
  • MVP Proliga 2022

Demikian informasi soal profil Nandita Ayu Salsabila.