Profil Nizar Zulfikar dan Sederet Prestasinya, Otak Timnas Voli Indonesia
Nizar Zulfikar (Foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nama Nizar Zulfikar dalam beberapa waktu terakhir cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia pecinta olahraga, khususnya voli. Nizar menjadi salah satu pemain Timnas Voli Putra Indonesia yang disoroti setelah berhasil memenangkan ajang Sea Games 2021.

Nizar Zulfikar bermain sebagai setter di tim voli. Ia menyimpan sebagai pengumpan untuk smasher atau penyerang. Sebagai setter, Nizar piawai mengatur tempo permainan dan memberikan umpan yang ciamik kepada rekan rekan.

Pemain muda berumur 28 tahun ini bukan hanya menjadi setter, tapi dia juga mendapat mandat sebagai kapten tim. Dulunya Nizar hanya menjadi pemain pelapis. Namun berkat pengalaman dan prestasi yang cemerlang, ia menjadi atlet voli yang diperhitungkan. 

Lantas seperti apa profil dan prestasi-prestasi yanng berhasil ditorehkan Nizar Zulfikar?

Profil Nizar Zulfikar

Nizar Zulfikar dilahirkan pada 12 September 1994. Pria bernama lengkap Nizar Zulfikar Munawar ini sudah berkenalan dengan dunia voli sejak kecil. Sebagai pemain voli, ia punya tinggi badan yang ideal, yaitu 184 cm. Sementara itu beratnya 65 Kg. 

Bakatnya sebagai pemain akan semakin terasah ketika bergabung dengan klub profesional saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Keluarga Nizar memang dekat dengan olahraga voli. Ayahnya merupakan seorang mantan pemain voli tingkat daerah. 

Saat kelas tiga SMP, Nizar bermain di klub voli Surabaya Bhayangkara Samator. Dia dites oleh Li Qiujiang, pelatih di Samator. Ia pun lolos di sesi latihan dan resmi diterima pada tahun 2010. 

Debut Nizar bersama Klub Samator saat tampil di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) pada tahun 2011. Di ajang tersebut, ia berhasil membantu Samator meraih emas. 

Meski sekarang cukup meroket, ternyata Nizar pernah tidak menyukai olahraga seperti itu. Ia mengaku awalnya tidak suka kemauan. Dulu ia memilih menekuni olahraga tenis meja, renang, hingga tenis lapangan. Ia juga sempat bergabung dengan klub renang Pesut, Kalimantan Timur.

Namun saat Nizar di jenjang Sekolah Dasar (SD), ayahnya memintanya untuk berlatih voli. Sejak itu, ia rutin berlatih teknik voli setiap hari. Hingga akhirnya ia mendapat panggilan untuk bergabung dengan timnas junior saat SMP.

Prestasi dan Karir Nizar Zulfikar

Pencapaian terbaru Nizar Zulfikar sebagai atlet voli, yakni berhasil mengantarkan timnas memenangkan SEA Games di Vietnam. Namun demikian, prestasi baru Nizar dalam pemain voli. 

Nizar punya banyak penonton di ajang Proliga bersama klub Samator. Ia bahkan menjadi setter andalan klub Samator dalam Proliga 2022. Prestasi pertama Nizar yang diraih saat debutnya bersama Samator dalam ajang Popnas 2011. Ia bersama timnas junior tampil sebagai juara.

Setelah itu, Nizar turut membantu tim Merah Putih menyabet juara ASEAN School Games 2012 setelah berhasil menumbangkan Thailanda di laga final. 

Sebelumnya, dia juga membawa Timnas Indonesia merebut medali emas SEA Games 2019 di Filipina. Lalu pada tahun 2016, ia diturunkan untuk tampil melakoni laga final Proliga. Ia pun berhasil membantu klub meraih juara Proliga.

Setelahnya Nizar mendapat amanah menjadi pemain inti dan membawakan Samator menjuarai laga-laga Proliga. Ia berhasil mengantar Samator menjadi juara pada tahun 2018 dan 2019. Dalam ajang yang lebih bergengsi, Nizar berhasil membawa Timnas Indonesia merebut medali emas SEA Games 2019 di Filipina. 

Ada fakta menarik dari kehidupan Nizar Zulfikar. Selain sebagai jagoan di lapangan, Nizar juga menjadi anggota kepolisian di Jawa Timur. Ia merupakan anggota berpangkat Iptu. 

Itu tadi pengenalan profil Nizar Zulfikar dan sederet Saat ini Nizar menjadi setter andalan Timnas Voli Indonesia dan dipercaya memimpin rekan-rekannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan berita terupdate nasional dan internasional untuk anda