Pelatih Ganda Campuran PSBI Bocorkan Kelemahan Rehan/Lisa sehingga Gagal Juara di French Open 2022
Pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Tim Indonesia terbilang gagal total di turnamen French Open 2022. Hanya ada satu wakil Merah Putih yang berhasil menembus semifinal.

Mereka adalah pasangan Rehan Naufal Kurharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Sayang, mereka tersingkir setelah kalah dari pasangan Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek.

Sempat unggul 21-17 pada gim pertama, mereka justru menyerah di dua gim berikutnya. Rehan/Lisa tumbang dengan skor 13-21 dan 12-21.

Pelatih ganda campuran PBSI, Nova Widianto mengatakan, kelemahan Rehan/Lisa pada pertandingan itu adalah mental bermain.

"Saat tengah unggul, mereka malah tegang. Hal itu salah, mengigat seharusnya mereka bisa tenang di kondisi itu," kata Nova dalam keterangan tertulis yang dirilis PBSI, Senin, 31 Oktober.

Meski demikian, Nova tetap memberikan apresiasi. "Secara keseluruhan, mereka sudah berjuang maksimal," tuturnya.

Sang pelatih juga melihat ada perkembangan yang signifikan dari segi permainan jika dibandingkan turnamen sebelumnya, Denmark Open 2022. Namun, mental memang jadi pekerjaan rumah.

Tak hanya pasangan Rehan/Lisa, hal ini juga yang dialami Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Nova menyebut, mereka sudah kalah mental jika harus bermain melawan pasangan lima besar dunia.

"Padahal mereka sebenarnya bisa menghadapinya," ujar Nova.