6 Perenang Mangkir dari Pelatnas SEA Games 2023, Penyebabnya Bikin Tak Percaya
Ilustrasi pelatnas renang. (Foto: Instagram/@pbprsi)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar tak sedap menerpa tim renang Indonesia yang tengah melakoni pemusatan latihan nasional (pelatnas) SEA Games 2023 Kamboja. Enam atlet dilaporkan mangkir dari pelatnas.

Enam atlet tersebut adalah Erick Ahmad Fathoni, Joe Aditya Wijaya Kurniawan, Farrel Armandio Tangkas, Angel Gabriella Yus, Azzahra Permatahani, dan Flairene Candrea Wonomiharjo.

Hal ini dikonfirmasi Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI), Ali Patiwiri. Dia pun mengungkapkan alasan keenamnya tak hadir dalam pelatnas.

Ali mengatakan, keenam perenang itu menolak dilatih Michael Piper yang sudah menjadi pelatih dalam kurun waktu satu tahun. Mereka beralasan Piper tidak memberikan kemajuan prestasi.

Namun menurut Ali, itu tak beralasan karena 17 perenang lainnya tetap semangat berlatih di bawah Piper dan mencatat kemajuan.

"Pengurus sedang mempertimbangkan pemberian sanksi kepada mereka, agar tidak menjadi preseden," kata Ali seperti dikutip dari Antara.

Ali mengungkapkan, PRSI sebenarnya sudah memberikan peringatan melalui surat resmi agar keenam atlet tersebut disiplin dalam mengikuti latihan. Namun hingga batas waktu yang telah ditetapkan keenam atlet tak kunjung datang.

Padahal, lanjut Ali, mereka masih mendapatkan dan menikmati fasilitas pelatnas, seperti penginapan, makan, dan honor bulanan.

"Federasi sangat kecewa dengan sikap mereka. Bisa jadi mereka ada yang menghasut agar tidak disiplin," tuturnya.