Persiapan Dua Event Besar, PB PRSI Panggil 16 Perenang ke Pelatnas
Para perenang yang bergabung ke Pelatna (Sumber: PB PRSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) bakal mengirimkan wakil untuk menghadapi dua multi event besar di tahun ini yaitu SEA Games 2022 dan Asian Games 2022. Sebagai persiapan, mereka memanggil 16 perenang baik putra dan putri untuk mengikuti Pemusatan Latihan Nasional atau Pelatnas.

Waketum PB PRSI Bidang Pembinaan dan Prestasi, Reswanda mengatakan tak menutup kemungkinan jika jumlah atlet yang masuk Pelatnas akan terus bertambah. Hal itu dilakukan sebagai upaya optimal untuk persiapan tampil di dua multi event besar nanti.

“Saat ini kita mulai 16 perenang, kemungkinan jumlahnya akan bertambah dalam beberapa minggu ke depan,” kata Reswanda dikutip dari keterangan resmi yang diterima VOI, Senin, 7 Februari.

“Terpenting kita bisa memulai pelatnas sejak Februari yang sangat banyak manfaatnya jelang bertanding di SEA Games. Tersisa 14 minggu lagi dan ini harus dioptimalkan," jelasnya.

Penyelenggaraan Pelatnas yang sudah mulai berjalan di bulan Februari ini juga tak lepas dari upaya Ketua PB PRSI yang terus menjalin komunikasi dengan Menpora, Zainudin Amali.

“Alhamdulillah berkat usaha yang dilakukan Ketum PB PRSI langsung kontak dengan Menpora dan jajarannya, kita diberi kesempatan melakukan presentasi secara detail, apa yang telah kita lakukan dan akan dilakukan kemudian. Dan respon Kemenpora sangat baik sehingga pelatnas renang bisa dimulai 3 Februari," ujar Reswanda menjelaskan.

Dari 16 perenang yang sudah mulai mengikuti Pelatnas ada nama-nama senior yang kembali dapat kepercayaan untuk tampil. Mereka adalah jagoan 50 meter gaya punggung, I Gede Siman Sudartawa, spesialis gaya dada Gagarin Nathaniel Yus, juga perenang jarak jauh Fadlan Prawira.

Sementara untuk tim putri ada dua perenang dari tim DKI Jakarta yang baru bergabung, mereka adalah Flairene Candrea dan Angel Gabriella Yus.

Soal pelaksanaan, SEA Games tahun ini akan digelar di Vietnam pada 12-23 Mei mendatang. Sementara Asian Games 2022 yang digelar pada September mendatang akan menjadikan Hangzhou sebagai tuan rumah.

Berikut daftar perenang yang telah bergabung ke Pelatnas:

Putra: I Gede Siman Sudartawa, Glen Victor Sutanto, Gagarin Nathaniel Yus, Aflah Fadlan Prawira, Farrel Armandio Tangkas, Andi Muhammad Nurrizka, Erick Ahmad Fathoni, Reza Bayu Prasetyo, Joe Aditya.

Putri: Azzahra Permatahani, Patricia Yosita, AA Istri Kania Ratih, Adinda Larasati Dewi, Anandia Treciel Vanessae Envato, Flairene Candrea, Angel Gabriella Yus.