Jonatan Christie Cedera Engkel, Terancam Absen di German Open 2022 Pekan Besok
Jonatan Christie (Foto:PBSI)

Bagikan:

JAKARTA — Pelatih tunggal putra Irwansyah memastikan Jonatan Christie cedera engkel. Ini membuat pemilik medali emas Asian Games 2018 itu pun terancam absen di German Open 2022 pekan besok.

Cedera itu didapat Jonatan saat melakoni laga perempat final French Open 2022 melawan wakil Jepang Kodai Naraoka, Jumat malam. Problem itu memaksa Jojo—sapaan akrab Jonatan—pun harus mundur di pertengahan gim ketiga.

"Jadi Jojo menderita cedera engkel setelah melakukan smash keras dan memaksa mau mengambil bola di depan net. Saya rasa cederanya terkena di momen itu," ujar Irwansyah dalam keterangan yang diterima VOI.

Dalam pertandingan kontra Naraoka, Jonatan tampil baik dan sukses mengamankan gim pertama dengan skor 21-14. Namun, di gim kedua ia bertubi-tubi mendapat serangan dari lawan sehingga menyerah dengan skor yang sama.

Jonatan kemudian harus mendapat perawatan ketika gim ketiga dalam keadaan imbang 9-9. Ia kembali mendapat masalah pada kaki kanannya ketika tertinggal 13-17, tetapi tidak bisa ditolong medis lagi karena perawatan hanya dibolehkan satu kali.

Irwansyah mengatakan bahwa Jojo sebenarnya sudah bisa bermain menggunakan strategi di gim ketiga. Namun, di awal gim penentuan itu ada satu momen di mana ia memaksa mengambil bola di depan net yang membuat engkelnya jadi bermasalah.

"Engkel luar kaki kanannya salah menumpu, sehingga terasa nyeri. Jojo merasa kesakitan saat menapakkan kakinya. Jadi, akhirnya diputuskan lebih baik tidak melanjutkan pertandingan," ujar Irwansyah.

"Keputusan mundur diambil setelah Jojo berbicara ke saya. Saya sempat khawatir dengan cederanya," kata dia menambahkan.

Jonatan merupakan satu dari dua wakil Indonesia yang pulang di perempat final. Satu wakil lain yang gagal menembus semifinal adalah ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Adapun satu-satunya wakil yang lolos adalah nomor ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Pasangan ini memulangkan wakil tuan rumah unggulan keenam Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Di semifinal nanti Rehan/Lisa akan berhadapan dengan pasangan Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek, yang lolos setelah mengalahkan unggulan kelima Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung.