Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting memberikan penjelasan terkait cedera yang dia dapatkan pada babak pertama Jepang Open 2024.

Ginting sudah kalah pada set pertama 17-21 dan sedang tertinggal 4-5 di set kedua melawan Yushi Tanaka ketika memutuskan untuk mundur pada Selasa, 20 Agustus 2024, siang WIB.

Ginting mengatakan bahwa masalah pada engkel kaki kirinya kembali ia rasakan ketika salah mendarat pada set pertama dalam duel dengan pebulu tangkis tunggal putra Jepang itu.

"Setelah interval gim pertama, waktu loncat dan mendaratnya kurang pas. Jadi, engkel kaki kiri saya jadi berasa," ujar dia.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 tersebut mengungkapkan bahwa ia punya riwayat cedera di bagian itu dan saat melakukan persiapan ia sudah merasa tidak enak.

"Sudah saya coba main di gim pertama, tetapi takutnya makin parah. Pada gim kedua setelah beberapa poin, engkel saya terasa makin tidak enak. Akhirnya saya putuskan mundur. Setelah ini saya akan fokus ke pemulihan dulu," katanya.

Keputusan mundur Ginting membuat tunggal putra Indonesia sekarang tinggal Chico Aura Dwi Wardoyo saja yang nanti akan memawan tunggal Perancis, Arnaud Merkle.

Indonesia seharusnya punya tiga wakil tunggal putra di ajang Super 750 BWF ini. Namun, sebelumnya Jonatan Christie sudah memutuskan mundur karena harus menemani istrinya melahirkan.

Indonesia total mengirim sebanyak 10 wakil ke Jepang Open 2024. Dari jumlah itu hanya ganda putri yang tidak memiliki wakil sama sekali.