Bagikan:

JAKARTA – Anthony Sinisuka Ginting lolos ke semifinal Hong Kong Open 2024 dan akan bersua dengan mantan nomor satu dunia, Viktor Axelsen.

Ginting mencapai babak empat besar setelah mengalahkan wakil tuan rumah, Jason Gunawan, dalam laga rubber game 21-17, 14-21, dan 21-18 pada Jumat, 13 September 2024, malam WIB.

Ginting mengatakan bahwa ia banyak berdiskusi dengan pelatih untuk menyiapkan diri menghadapi bentrok kompetitif pertamanya dengan Jason. Semuanya pun berjalan baik.

"Hanya, mungkin penerapan pertandingan khususnya gim kedua kurang pas. Dia juga belajar dan mempersiapkan strategi untuk melawan saya, kondisinya cukup berubah," ujar Ginting usai laga.

Raihan itu merupakan hasil manis pertama Ginting dari dua turnamen yang dijalaninya selepas Olimpiade Paris 2024.

Sebelum bermain di Hong Kong, pebulu tangkis peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu sempat bermain di Jepang Open 2024 pada akhir Agustus 2024.

Akan tetapi, saat itu perjalanannya langsung kandas di babak pertama. Ketika itu, dia tidak bisa menyelesaikan laga karena cedera.

"Besok (14/9/2024) bertemu Axelsen, pastinya akan ada kembali diskusi dan evaluasi dengan pelatih. Namun, sekarang saya mau fokus recovery dulu," ujar pebulu tangkis 27 tahun itu.

Duel tersebut akan menjadi bentrok ke-19 antara Ginting dan Axelsen. Dalam 18 pertemuan sebelumnya, Ginting tercatat memiliki rekor menang-kalah buruk 3-15.

Sementara itu, Ginting adalah wakil kelima sekaligus terakhir yang mengunci tempat di semifinal Hong Kong Open 2024. Di tunggal putra, dia menyusul jejak Jonatan Christie.

Adapun tiga wakil lainnya yang ikut lolos adalah duo ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani serta tunggal putri Putri Kusuma Wardani.