Jalani Laga 3 Set, Christopher Rungkat Tembus Babak Kedua Ganda Putra di Australia Open 2022
Christopher Rungkat (Instagram @christorungkat)

Bagikan:

JAKARTA - Petenis Christopher Rungkat berhasil mencapai babak kedua Australia Open 2022 dari nomor ganda putra.

Rungkat yang berpasangan dengan petenis asal Filipina Treat Huey mendapat tiket putaran kedua setelah mengalahkan pasangan Rohan Bopanna (India) dan Eduard Roger-Vasselin (Prancis).

Pertandingan tiga set 3-6 7-6(2) 6-2 harus dilakoni oleh Rungkat dan kawan mainnya untuk tetap bertahan di Melbourne Park.

Christo, demikian sapaan akrab Rungkat, dengan kawan mainnya hadir ke Australia Open tahun ini dengan status peringkat 150-an. Saat ini petenis yang berusia 32 tahun itu menempati peringkat 152, sedangkan partner mainnya mengisi ranking 137.

Australia Open bukan menjadi ajang grand slam pertama yang diikuti oleh Christo. Sebelumnya ia sudah pernah tampil di Prancis Open, Amerika Open, dan Wimbledon.

Dari semua penampilan tersebut Christo selalu berpasangan dengan petenis asal Taiwan, Hsieh Cheng-peng. Namun, hasilnya belum memuaskan.

Pencapaian terbaik Christo di grand slam adalah mencapai babak kedua di Prancis Open. Selebihnya ia selalu tersingkir pada babak pertama.

Sementara itu, pencapaian Huey jauh lebih baik di ajang tenis profesional yang paling bergengsi tersebut. Ia pernah mencapai babak semifinal di Wimbledon 2016 ketika berpasangan dengan Max Mirnyi.

Ia juga punya catatan baik di Australia Open. Ia sudah tujuh kali tampil di Negeri Kanguru denga prestasi terbaik mencapai babak perempat final pada 2014 dan 2016.

Selain Christo, petenis Indonesia lainnya yang tampil di Australia Open tahun ini adalah Aldila Sutjiadi. Namun, ia sudah tersingkir pada babak pertama bersama rekan mainnya asal Thailand, Peangtarn Plipuech.