Potensi Pemain Lokal Bermunculan di IBL 2022, Menpora: Mereka akan Berkontribusi untuk Timnas Basket
Menpora Zainudin Amali hadir dan menonton langsung pertandingan IBL 2022 antara Tangerang Hawks melawan Bali United di Hall Bakset Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Januari 2022 (Humas Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali senang ajang IBL 2022 memunculkan banyak pemain lokal potensial. Ia pun berharap mereka akan menjadi tulang punggung bagi tim nasional Indonesia di masa mendatang.

Menpora hadir menonton langsung pertandingan antara Tangerang Hawks melawan Bali United di Hall Basket Senayan, Jakarta, pada Selasa, 18 Januari. Pertandingan sengit ini berakhir dengan skor 70-68 untuk kemenangan Tangerang Hawks.

Dalam pertandingan tersebut Menpora melihat banyak pemain lokal yang tampil memukau. Mereka masih muda sehingga punya kesempatan untuk memberikan kontribusi bagi timnas Indonesia di ajang-ajang penting.

"Ya saya melihat pertandingan tadi cukup seru, saya senang pemain-pemain lokal menunjukan permainan yang memukau," kata Amali dalam keterangan resmi yang di situs Kemenpora yang dikutip VOI.

Pertandingan antara Tangerang Hawks dan Bali United berlangsung ketat sejak awal hingga akhir pertandingan. Awal kuarter pertama Tangerang Hawks lebih dulu mencetak 6 angka berkat lemparan back to back three point Lutfi Koswara.

Bali United bisa membalikkan keadaan pada pertengahan kuarter pertama menjadi 11-12, tetapi Tangerang Hawks berhasil menyudahi kuarter ini dengan keunggulan tujuh angka 22-15.

Keunggulan tipis 32-30 didapat Bali United pada kuarter kedua. Keunggulan tersebut berhasil mereka pertahankan sampai pada kuater ketiga.

Sayangnya, Bali kehilangan momentum merek di kuarter pamungkas setelah memimpin 59-45 pada kuater ketiga. Ardian Ariadi dan Richard Ross berhasil memimpin Tangerang Hawks untuk mengubah keadaan menjadi 69-68.

Danny Ray kemudian menambah 1 angka untuk Tangerang Hawks untuk menutup pertandingan dramatis ini dengan skor akhir 70-68. Ini menjadi kemenangan kedua mereka pada IBL 2022.

"Ini sesuai harapan yang saya sampaikan pada pembukaan lalu, bahwa IBL 2022 ini diharapkan bisa menjadi ajang pemain-pemain lokal untuk menunjukan permainan terbaiknya. Dengan begitu mereka akan bisa berkontribusi untuk timnas basket Indonesia," ujar Amali.

Adapun IBL 2022 bakal diselenggarakan dalam enam seri di enam kota. Setelah seri Jakarta, berlanjut ke Bandung pada 29 Januari-5 Februari, Yogyakarta pada 10-16 Februari, Solo 3-9 Maret, Surabaya 13-19 Maret dan Denpasar 24-30 Maret.